Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kapolres Pelabuhan Belawan Hadiri Diskusi Dan Sosialisasi Agar Masyarakat Jangan Khawatir Komsumsi Ikan Laut

Belawan | suaraburuhnasional.com - Virus Hog Colera yang menyerang ternak babi menggulirkan isu liar yang menyebut ikan laut tercemar dan ...



Belawan | suaraburuhnasional.com - Virus Hog Colera yang menyerang ternak babi menggulirkan isu liar yang menyebut ikan laut tercemar dan tak aman untuk dikonsumsi, hal tersebut tidak benar hanya info sesat yang dihembuskan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir mengkomsumsi ikan laut, karena hasil Lab dan pengamatan dari Pemko Medan melalui Dinas Lingkungan Hidup menyatakan bahwa air laut tidak tercemar oleh virus Hog colera yang menyerang babi, hanya satu ekor saja bangkai babi yang hanyut sampai kelaut.

"Ratusan bangkai babi hanya terapung disungai Bederak dan Danau Siombak Kelurahan Terjun saja, artinya bangkai Babi tidak sampai ke laut,"demikian disampaikan Plt Wali Kota Medan Ahyar Nasution.dan Kadis Lingkungan Hidup Pemko Kota Medan Syarif Armansyah Lubis

Akibat membuang bangkai Babi ke sungai, akhirnya menimbulkan kerugian yang sangat besar pada Nelayan dan pedagang ikan di pasar karena penurunan pembeli, oleh karena masyarakat termakan isu bahwa bangkai-bangkai babi dibuang ke sungai hingga akhirnya hanyut sampai kelaut, dan bangkai babi tersebut dimakan ikan - ikan yang berada dilaut, hal itu pula yang membuat para masyarakat enggan mengkomsumsi dan membeli ikan

Dari permasalahan yang terjadi disebabkan oleh bangkai babi yang terjadi ini, Plt Walikota Medan Ir.Akhyar Nasution, M.Si dengan didampingi Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Syarif Armansyah Lubis,SH membahasnya dalam sebuah acara silaturahmi dan diskusi bertujuan sebagai bentuk sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa tidak ada korelasi kesehatan antara virus hog cholera yang menyerang ternak babi dengan mengkonsumsi ikan.

Pasca maraknya pembuangan bangkai babi ke aliran sungai, bertempat di kediaman Azuar yang merupakan ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) cabang Belawan, jalan Paus Kelurahan Belawan Bahagia, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu (23/1/2019) sekira pukul 11.00 Wib.

Dilansir awak media tampak hadir Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, SH MH didampingi Kapolsek Belawan Kompol Safaruddin Tama S,SH, Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan Kompol H.Justar Purba,SH dan Wakapolsek Belawan Iptu Alex SH.

Kemudian hadir juga Camat Medan Belawan Ahmad Sunara SP dan para Lurah se-Kecamatan Medan Belawan. Para tokoh agama yakni ketua MUI Kecamatan Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Deli dan Medan Labuhan, Alwaysiah Belawan dan para Ustaz Belawan.

Saat dikonfirmasi awak media hal senada juga disampai Kadis Lingkungan Hidup Syarif Armasyah Lubis SH menyampaikan ikan - ikan yang ada dilaut tidak sampai memakan bangkai babi, karena bangkai babi yang sempat ditemukan sampai kelaut hanya satu ekor, itupun langsung di bersihkan dari laut.






"Kesimpulannya masyarakat tidak perlu sanksi untuk mengkonsumsi ikan laut, mari kita bersama makan ikan tanpa ada keraguan karena bangkai babi," tutur Kadis Lingkungan hidup Pemko Medan.

Dalam kegiatan ini, juga dilaksanakan "makan ikan" bersama yang diikuti Plt Walikota Medan bersama Kapolres Pelabuhan Belawan dan seluruh undangan sebagai simbol jika ikan yang ditangkap nelayan aman untuk kesehatan, sekaligus menepis kabar bohong perihal terjangkitnya virus hog colera babi yang terkontaminasi dengan ikan yang dipasarkan ke masyarakat.

Jadi masyarakat jangan pernah lagi takut memakan Ikan Laut karena ikan yang dikonsumsi masyarakat juga ditangkap jauh dari bibir pantai," ungkap Syarif Armansyah Lubis, SH. (Nelson Siregar)

No comments