Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Tolak Penetapan UMP Sumut, Buruh Ancam Demo Besar-besaran

Medan ׀ suaraburuhnasional.com - Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumut tahun 2020 menjadi Rp2.499.423 atau hanya naik sebesar Rp196....



Medan ׀ suaraburuhnasional.com - Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumut tahun 2020 menjadi Rp2.499.423 atau hanya naik sebesar Rp196.019 membuat buruh meradang. Mereka mengancam akan melakukan aksi besar-besaran menolak penetapan itu.

“Kami FSPMI Sumut menolak tegas kenaikan UMP Sumut tahun 2020. Kami akan melakukan aksi unjuk rasa pada Rabu (6/11/2019) dengan membawa massa ribuan buruh,” kata Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumut, Willy Agus Utomo, Sabtu (2/11/2019).

Willy menduga penetapan UMP tidak melalui rapat Dewan Pengupahan dan juga pertimbangan dari Serikat Buruh yang hampir semua elemen dapat dipastikan menolak penetapan UMP dengan mengacu pada ketentuan PP 78 tahun 2015.

“Padahal buruh Sumut meminta harusnya penetapan UMP berdasarkan hasil survei kebutuhan hidup layak (KHL) meliputi sandang, pangan, papan para buruh,” ujarnya.

Dia mengaku sangat kecewa karena Gubernur Sumut memaksakan kenaikan UMP Sumut tanpa memperhatikan kondisi riil kehidupan para buruh Sumut yang dalam kurun 7 tahun terakhir upah buruh di Sumut sudah tertinggal jauh dari daerah lain di Indonesia.

“UMP Sumut sudah selayaknya naik di atas 15 – 20 % berdasarkan hasil survei KHL terbaru yang menghitung 84 item KHL yakni naik menjadi Rp 2,7 juta – Rp3 juta,” tegasnya.

Menurutnya Gubernur Edy sudah dua kali ini memaksakan UMP dengan PP 78. Hal ini menandakan program Gubernur Sumut kepada kesejahteraan buruh Sumut tidak sesuai dengan janji-janjinya.

“Gubernur Sumut terlalu cepat meneken UMP Sumut. Seolah mau cari aman saja, padahal Dewan Pengupahan Nasional sedang merumuskan penghitungan upah buruh berdasarkan KHL yang terbaru digodok oleh dewan pengupahan nasional di Jakarta. Kami menolak tegas kenaikan UMP Sumut tahun 2020 meminta agar Gubernur merevisi kenaikan UMP,” bebernya. (red)

No comments