Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Silsilah Marga Hasibuan

Palas | suaraburuhnasional.com - Menurut informasi dari data dan cerita masyarakat yang hidup di Provinsi Sumatera Utara bahwa Silsilah ...



Palas | suaraburuhnasional.com - Menurut informasi dari data dan cerita masyarakat yang hidup di Provinsi Sumatera Utara bahwa Silsilah atau Tarombo (sitambok) Marga Hasibuan mulai dari Raja Marjalang  Hasibuan yang datang dari Toba menuju Lobu Batara Guru di Desa Purbatua yang sekarang, Kec. Batang Onang Kab. Padang Lawas Utara.

Yang menetap kira - kira Tahun 1300 M di Lobu/Desa (red.bhs Batak) Batara Guru Pasar Matanggor dari Lobu ini keturunan Raja Marjalang gelar Namora Sende Tua dengan Istrinya Panglima Sari (Putri Raja Majapahit) menyebar ke Lobu Botung (dekat Desa Sabahotang yang sekarang) dengan nama Anaknya Sutan Soduguron dan Ompu Ni Jabur, sedangkan Ompu Ni Jabur merantau ke Bona Latti Sipiongot Dasopang hingga berkembang turun temurun disana. Sutan Soduguron yang tinggal di Lobu Botung (bukan Hasibuan Botung) ini hanya akal - akalan penjajah Belanda itu untuk memecah belah Bangsa ini.

Dari sini dengan istrinya yang bermarga Nasution keturunannya terdiri  dari Empat bersaudara yaitu satu(1) Ompu Sumindak ke Lobu Bariang di Paringgonan julu. dua (2) Ompu Taronggol ke Lobu Malatti Tua di Desa Tanjung Kec. Ulu Barumun. tiga (3) Ompu Ni Bangunna ke Aek Lobu Mondang Kec. Sosa. empat (4) Ompu Sende ke Panyahatan yang sekarang jadi Desa Hasahatan Julu.



Dalam tradisi adat Apabila si Adek mau jadi Raja (penghulu adat) maka dimekarkan atau ditabalkanlah Desa nya dengan penambahan di Nama Desa itu menjadi Jae contoh Hasahatan Jae. Kemudian sesuai dengan kondisi  pertumbuhan Penduduk maka penyebaran dan perpidahan terus terjadi. (Bersambung)......?. (AMH)

No comments