Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Bimbingan Ekspor BioFarmaka Sumatera Utara ke Pasar Asia Untuk Mewujudkan #GraTIeks

Belawan ǀ suaraburuhnasional.com - Banyak cara dalam mendukung GraTIeks salah satunya dengan pembinaan terhadap eksportir. Pembinaan i...



Belawan ǀ suaraburuhnasional.com - Banyak cara dalam mendukung GraTIeks salah satunya dengan pembinaan terhadap eksportir. Pembinaan ini dilakukan melalui penilaian kelayakan gudang, tempat pelaksanaan tindakan karantina.

Penilaian dilakukan terhadap aspek administrasi dan teknis untuk meningkatkan kualitas ekspor, Hari ini Karantina Pertanian Belawan lakukan pembinaan ke gudang milik UD. S di Siantar, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (13/02/2020).

"Kami sudah lama menjadi pengumpul rimpang-rimpangan yang diekspor ke berbagai negara seperti Pakistan, Malaysia dan Dubai. Kali ini kami ingin mengekspor langsung tanpa melalui pihak ketiga. Kami mohon arahan dan bimbingan dari bapak dan ibu Karantina,"ujar Rusni Sembiring pemilik gudang pengumpul komoditi jahe, jahe merah dan kunyit.

Sesuai dengan Permentan 38 tahun 2014 , Pemeriksaan Karantina Tumbuhan dapat dilakukan dipelabuhan dan di luar pelabuhan yang disebut tempat lain atau gudang pemilik. Penilaian gudang ini bertujuan untuk menggaransi bahwa produk yang diekspor bersih, bebas OPT dan sesuai dengan standard permintaan negara tujuan.



"Kami sangat apresiasi usaha seperti yang ibu lakukan ini. Selain dapat menyerap tenaga kerja, membantu  petani petani lokal, juga mampu mempromosikan produk Indonesia di pasar Internasional. Harapan kami agar ekspor jahe dan kunyit dari Simalungun ini dapat berekspansi ke negara negara lain sehingga kita bersama mensukseskan GraTIeks,"papar Hasrul.

Dukungan Karantina Pertanian Belawan untuk menjadikan pemilik gudang menjadi eksportir mendapat sambutan yang antusias dari pemilik gudang. Penilaian tempat, persyaratan ekspor dan peningkatan terhadap kwantitas dan kualitas ekspor menjadi point utama petugas untuk membina perusahaan ini kedepannya. (Nelson Siregar/Hms)

No comments