Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Pengembangan Kebun Kopi Jangan Abaikan Keselamatan

Panyabungan ǀ suaraburuhnasional.com - Kopi Mandailing yang saat ini digenjot pengembangannya untuk mengembalikan kedigdayaan Kopi pada ...



Panyabungan ǀ suaraburuhnasional.com - Kopi Mandailing yang saat ini digenjot pengembangannya untuk mengembalikan kedigdayaan Kopi pada masa lalu di Tanah Mandailing diharapkan jangan sampai mengabaikan keselamatan lingkungan.

Seperti halnya disampaikan Bupati LSM LIRA Kab Madina Ali Musa Nasution melalui Wakil Sekertris LSM LIRA Kab Madina M Syawaluddin pada Selasa (25/02/2020) kepada awak media mengatakan pengalih fungsian lahan hutan menjadi perkebunan kopi seharusnya juga memperhatikan aspek keselamatan lingkungan agar nanti tidak menjadi sumber bencana baru bagi warga masyarakat di sekitar perkebunan Kopi Mandailing.

M Syawaluddin mencotohkan salah satu perambahan hutan di wilayah hulu Sungai Batang Pungkut yang telah di rambah dan di alih fungsikan menjadi perkebunan kopi oleh oknum pengusaha kopi, Wakil Sekretris LSM LIRA Kab Madina M Syawaluddin berharap kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara untuk mengevaluasi keberadaan perkebunan kopi yang berada di Hulu Sungai Batang Pungkut Kec Ulu Pungkut Kab Madina, karena sangat dikhawatirkan kedepan akan dapat mengakibatkan petaka bagi warga yang bermukim di sepanjang bantaran Hilir Sungai Batang Pungkut.



M Syawaluddin juga menyampaikan bahwa kuat dugaan pembukaan perkebunan kopi oleh oknum pengusaha ini belum mengantongi sembarang izin Perkebunan, untuk itu kita harapkan pihak aparat penegak hukum segera melakukan penyelidikan terkait keberadaan perkebunan kopi di wilayah Hulu Sungai Batang Pungkut yang mana telah merambah hutan di kawasan yang seharusnya menjadi hutan simpan untuk wilayah Hulu Sungai Batang Pungkut,”sebut M Syawaluddin mewakili Bupati LSM LIRA Kab Madina. (Mn)

No comments