Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Wujudkan Visi - Misi Melalui Program TP PKK Kabupaten Asahan

Asahan | suaraburuhnasional.com - Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung semua kegiatan Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Ke...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung semua kegiatan Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Asahan, Minggu (16/02/2020) di Hutan Kota Kabupaten Asahan.

Gerakan PKK merupakan Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam setiap pelaksanaan kegiatan PKK, tingkat Kelurahan atau Desa, tingkat Kecamatan maupun ditingkat Kabupaten Asahan, juga mengatakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan pemberdayaan keluarga yang meliputi segala upaya bimbingan, pembinaan dan pemberdayaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri.

Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing - masing jenjang demi terlaksananya program PKK.

TP PKK adalah warga masyarakat, baik laki - laki maupun perempuan, perorangan, bersifat sukarela, yang tidak mewakili organisasi, golongan, parpol, lembaga, atau instansi, dan berfungsi sebagai perencana, pelaksana, dan pengendali gerakan PKK.

Sesuai amanat Permendagri Nomor 5 Tahun 2007, PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan. Desa dan Kelurahan merupakan mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan. PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah Desa dan Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khusunya keluarga, pembina, motivator serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif," imbau Bupati Asahan.

Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Hj.Titiek Sugiharti di setiap kegiatan PKK selalu mengajak dan menghimbau kepada seluruh TP. PKK Kabupaten Asahan bahwa sasaran gerakan PKK adalah keluarga, baik di perdesaan maupun perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadiannya, dalam bidang, mental spiritual meliputi sikap dan perilaku sebagai Insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga negara yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan Undang - Undang Dasar 1945.

Dalam penyampaiannya di setiap kegiatan PKK, Hj.Titiek Sugiharti juga menambahkan dan menjelaskan bahwa fisik material meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.

Adapun 10 Program Pokok PKK yaitu, Penghayatan dan Pengalaman Pancasila, Gotong - Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan hidup, Perencanaan Sehat.

Kedepannya agar pembangunan dan visi - misi Kabupaten Asahan dalam mewujudkan Asahan yang Religius Cerdas Sehat Mandiri dan Berkarakter dapat terealisasi demi kesejahteraan masyarakat Asahan yang adil, makmur dan beradab. (Indra Sibarani)

No comments