Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Yonmarhanlan I Ikut Berpartisiasi Penanaman Mangrove Sebagai Wujud Kepedulian Lingkungan

Medan Marelan ǀ suaraburuhnasional.com - Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangro...



Medan Marelan ǀ suaraburuhnasional.com - Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan mangrove memiliki peranan penting bagi lingkungan khususnya bagi lingkungan pesisir pantai.

Hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai. Hutan mangrove memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, serta berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

Permasalahan lingkungan yang marak terjadi saat ini menyebabkan ekosistem hutan mangrove terancam punah. Punahnya ekosistem hutan mangrove tentu saja akan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia karena dapat mempercepat proses abrasi pantai. Keadaan lingkungan yang semakin memprihatinkan menjadi alasan utama dan diselenggarakannya kegiatan penanaman mangrove di Lingkungan IV dan V Kel. Labuhan Deli Kec. Medan Marelan, Medan, Jumat pagi (21/02/2020).

Sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, Prajurit Sarang Petarung Yonmarhanlan I yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Mayor Marinir Farick M.Tr. Opsla ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap kelestarian lingkungan sekitar bersama dengan Kapoldasu Irjen Pol Drs. Martuani Sormin Siregar M.Si beserta jajarannya.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh protokol, pembacaan doa dan dilanjutkan dengar penjelasan tentang pohon mangrove oleh Kepala BPDASHL Provsu kemudian penyerahan bibit mangrove serta penyerahan kunci rumah hasil bedah rumah sebanyak 1 unit, penyerahan bibit kerang sebanyak 1 ton kepada Kelompok Nelayan Maju Bersama, penyerahan sembako dan kata sambutan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs Martuani Sormin M.Si, penanaman mangrove oleh Kapolda Sumut & PJU Polda Sumut serta di ikuti seluruh undangan dan masyarakat.

Dalam sambutanya Kepala BPDASHL Provsu menyampaikan,"kita ketahui bersama bahwa hutan mangrove adalah suatu proses pohon pohon yang tumbuh pada tanah aluvial di daerah pantai dan di sekitar muara sungai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut dan dicirikan oleh keberadaan jenis jenis Avicenia spp, Soneratia spp, Brugulera spp, Lumnitzero excoecaria, Xylocarpus spp, Anisoptaria dan Nyoa Fruticons.

Bahwa akhir akhir ini kawasan hutan mangrove di Indonesia khususnya di Sumatera Utara sudah terdegradasi menjadi rusak atau kritis, hal ini disebabkan antara lain ilegal logging untuk kegiatan dapur arang, perubahan fungsi lahan menjadi tambak, kolam ikan, perkebunan, pertanian, pemukiman dan lain sebagainya.

Hal tersebut berakibat abrasi pantai, banjir rob, hilangnya tempat pemijahan berbagai jenis biodata laut, udara maupun darat, berkurangnya hasil tangkapan nelayan, global warming, berkurangnya hasil kayu dan dari kawasan hutan mangrove tersebut

Disamping itu kawasan hutan mangrove yang baik dapat menjadi upaya peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, usaha perikanan tangkap, dapur arang kayu, hasil hutan bukan kayu seperti buah-buahan, syrup, kerajinan tangan bahkan menjadi tempat wisata (ecotourism).






Oleh sebab itu acara pada hari ini menjadi sebuah momentum bagi kita semua untuk memulai upaya penyelamatan hutan mangrove khususnya di Sumatera Utara, kami Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) siap mendukung kegiatan kegiatan seperti ini khususnya dalam penyediaan bibit mangrove," ungkap Ka BPDASHL Provsu.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda Sumut, Irjen. Pol. Drs. Martini Sormin, M.S.i, Wakapolda Sumut, Danlantamal I Belawan diwakili oleh Dansatrol Kol Laut (P) Ardian, Walikota Medan diwakili oleh Kasatpol PP M. Sofyan, S.Sos, Camat Medan Marelan, Ditpolairud, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Dr. Mhd. Rahmani Dayan, SH, MH, Danyonmarhanlan I Mayor Marinir Farick M.Tr Opsla, Kadis kehutanan Provsu, Ketua Walantara Sumut, Karang Taruna, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Kegiatan berjalan lancar aman dan sukses. (Nelson Siregar)

No comments