Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Kabupaten Toba Lakukan Penyemprotan

Toba ǀ suaraburuhnasional.com – Gugus tugas pencegahan penyebaran Covid-19 Kabupaten Toba mulai melakukan penyemprotan disinfektan yang ...



Toba ǀ suaraburuhnasional.com – Gugus tugas pencegahan penyebaran Covid-19 Kabupaten Toba mulai melakukan penyemprotan disinfektan yang dimulai dari lokasi pasar Laguboti, Senin (23/3/2020) dan merupakan hari pekan sehingga merupakan bentuk keramaian, kemudian dilanjutkan lagi dengan penyemprotan pada kantor pemerintah di Balige.

Petugas penyemprot yang dipimpin langsung Ketua Satgas Dr. Pontas Batubara, Mkes memulai menyemprot bagian los pasar Laguboti sekitar pukul 6.15 WIB dan dilanjutkan ke sekeliling pasar yang umumnya merupakan rumah toko warga termasuk kantor Camat Laguboti.

Dalam pelaksanaan penyemprotan tersebut turut serta Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Toba, Ir. Tua Pangaribuan, Msi, Kadis Kominfo Toba Drs. Lalo Simanjuntak, Msi bersama unsur Muspika Laguboti untuk memantau penyemprotan tersebut.

Tindakan antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut mendapat respon positif dari masyarakat beberapa warga mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah yang telah bertindak cepat dan tepat untuk mengantisipasi penyebaran virus ini, kata beberapa warga setempat.

Selanjutnya petugas menyemprot kantor pemerintah yang berada di kompleks perkantoran Pemkab Toba di Simanjalo Balige. Di sela-sela pelaksanaan penyemprotan tersebut, Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Dr. Pontas Batubara mengatakan hingga saat ini Kabupaten Toba tetap status siaga bencana non-alam.

Guna pencegahan penyebaran virus Corona di Toba, Pemkab melalui gugus tugas membuat 4 posko pantau yaitu di Kecamatan Tampahan yang merupakan perbatasan Kabupaten Toba denganTapanuli Utara.

Posko lainnya ada di pelabuhan Balige, Kecamatan Ajibata, dan di Kecamatan Pintu Pohan Meranti. Daerah daerah tersebut merupakan pintu masuk ke Kabupaten Toba, kata mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Toba ini.

Ditambahkannya jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD) di Kabupaten Toba hingga saat ini ada 10 orang. Dari jumlah OPD dimaksud ada 1 orang menurun gejala levelnya dari ODP menjadi tanpa gejala, sehingga yang bersangkutan sudah bisa pulang ke rumah meskipun nantinya tetap dipantau, imbuh Pontas.

Perlu disampaikan bahwa bahan disinfektan yang disemprotkan diracik sendiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, kata sumber yang layak dipercaya.

Pada kesempatan tersebut pemerhati sosial, Berlin Marpaung meminta kepada elemen masyarakat untuk bersatu, berempati dan bahu membahu untuk membantu kinerja gugus tugas ternasuk para tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam menghadapi Covid-19 diKabupaten Toba sembari menambahkan agar Pemkab Toba tak perlu “gamang” dalam mengalokasi dana penanggulangan yang dibutuhkan, karena ini bencana non-alam yang tentunya sifatnya darurat, kata Berlin. (Hamonangan Siahaan)

No comments