Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

BKP Siap Dukung Target dan Percepetan Kegiatan Kemenpan di Sumut

Medan ǀ suaraburuhnasional.com - Dalam rangka pembangunan pertanian di Sumatera Utara melalui program Komando Strategis Pembangunan Pert...



Medan ǀ suaraburuhnasional.com - Dalam rangka pembangunan pertanian di Sumatera Utara melalui program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) dari Kementerian Pertanian, telah dilaksanaka Rapat Koordinasi Penetapan Target dan Percepatan Kegiatan Tanaman Pangan Tahun 2020 Provinsi Sumut di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, Jumat (13/03/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Sumut, Kepala Barantan, Bupati/Walikota Provinsi Sumut, Eselon I Kementerian Pertanian, Koordinator BPP serta dinas yang membidangi pertanian, perkebunan dan peternakan.

Ali Jamil selaku penanggungjawab Kostratani Sumut menyampaikan bahwa ada target peningkatan produksi komoditas pertanian sebanyak 7 persen setahun. Upaya intensifikasi lahan serta penerapan teknologi pertanian diharapkan mampu ikut meningkatkan jumlah produksi.

"Tidak ada kabupaten yang tidak ekspor. Tidak cuma komoditas pertanian, komoditas perkebunan dan kehutanan juga merupakan potensi Sumut yang harus dikelola dengan baik. Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor ditargetkan mampu menjadi sarana pendampingan komoditas ekspor dari hulu ke hilir," papar Ali Jamil.

Lanjutnya,"salah satu hal yang terpenting untuk meningkatkan produksi adalah akses modal. Kredit Usaha Rakyat senilai 1 Triliun yang akan digelontorkan untuk petani dan diharapkan mampu memberikan dukungan serta menciptakan pertanian yang maju, mandiri serta modern.




Dalam forum ini diserahkan secara simbolis realisasi KUR dari BRI dan BNI kepada petani serta pengusaha kecil sektor pertanian. Selain itu ditandatangani nota kesepahaman antara Kementerian Pertanian dengan kepala daerah untuk peningkatan produksi Sumut melalui Kostratani.

Kepala Karantina Pertanian Belawan drh. Hasrul M.M menyatakan "Kesiapannya untuk ikut mensukseskan program ini, Karantina Pertanian Belawan sendiri menjadi penanggungjawab kostratani untuk Kabupten Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan," ucapnya singkat. (Nelson Siregar/Hms)

No comments