Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Bupati Padang Lawas Buka RAKORWASDA Tahun 2020

Palas | suaraburuhnasional.com - Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap secara resmi membuka acara rapat koordinasi pengawasan daerah ...



Palas | suaraburuhnasional.com - Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap secara resmi membuka acara rapat koordinasi pengawasan daerah (Rakorwasda) tahun 2020. di Aula Kantor Bupati, Kamis (12/03/2020).

Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap dalam bimbingan dan arahannya, Dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dijelaskan bahwa spip adalah sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Berkaitan dengan hal ini, peranan inspektorat sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sangatlah penting dan harus dapat meningkatkan kapabilitasnya.

Untuk menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, serta mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani, apip diharapkan dapat mendorong penguatan pengawasan internal pemerintah. Penguatan pengawasan mulai dari realisasi anggaran di setiap OPD, Dana Bos di setiap sekolah-sekolah sampai Dana Desa di setiap Desa. Tujuannya untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih. papar TSO.

Kemudian, peran strategis APIP tersebut antara lain, Mengawal program dan kebijakan pemerintah, Mengawal penyelenggara pemerintah terhadap peraturan perundang-undangan, Mengawal standar pelayanan publik, Mengawal barang milik daerah daan Mengawal kehandalan laporan keuangan.

Dengan peran yang sangat strategis ini, tugas inspektorat semakin berat, karena diberi kewenangan untuk menjalankan peran APIP, yang mana harus dapat mendeteksi dini permasalahan di daerah, menjamin tata kelola pemerintah harus telah dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku, begitu pula pada peningkatan kapasitas APIP, baik anggaran maupun personilnya harus mempunyai integritas yang tinggi dengan personil yang cukup dalam fungsinya sebagai APIP.

Sebagaimana yang diamanatkan pada peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, bahwa inspektorat mempunyai tugas pembinaan dan pengawasan yaitu:

1. Pembinaan. Penyelenggara pemerintah dalam menjalankan tugasnya harus taat terhadap peraturan perundang-undangan dengan tugas rutinnya diantaranya monitoring, mengevaluasi dan meriviw yaitu: riviw RPJMD, riviw RKPD, riviw KUA PPAS, riviw Renja SKPD, riviw Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, riviw laporan kinerja, LPPD maupun e-PPD, monitoring penyerapan anggaran, monitoring dana desa, evaluasi dan monitoring Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) Badan Pemeriksa Keuangan dan TLHP Inspektorat Provinsi, verifikasi LHKPN, monitoring dalam gratifikasi dalam kegiatan saber pungli, dan tugas lainnya.

2. Pengawasan. Merupakan suatu proses yang dilakukan untuk menegakkan peraturan perundang-undangan yaitu: Pemeriksaan reguler ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekolah-sekolah dan dana desa pemeriksaan kinerja ke seluruh OPD, Pemeriksaan dengan tujuan tertentu/kasus.

Dengan acara rakorwasda ini kita berharap dapat terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan daerah yang efektif, efisien, dan akuntabel sesuai peraturan perundang – undangan dalam setiap program dan kegiatan yang ditampung dalam APBD.



Di akhir sambutannya TSO ucapkan terima kasih kepada inspektorat provinsi yang sudah meluangkan waktunya untuk datang, menjadi narasumber di Kabupaten Padang Lawas. Semoga Erwin tidak bosan-bosan untuk memberikan wejangan atau ilmu kepada kami agar Kabupaten Padang Lawas menjadi lebih baik kedepannya sehingga Provinsi Sumatera Utara lebih bermatabat. Pungkasnya

Acara Rakorwasda dihadiri Wabup Palas drg Ahmad Zarnawi Pasaribu cht MM MSi, Sekda Arpan Nasution S.Sos, Sekretaris Inspektorat Provsu Erwin Hidayah Hasibuan dan Dedy Sutendi SE, FKPD, Pimpinan SKPD, OPD, Camat se Kab. Palas, Bendahara dan undangan lainnya. (AMH)

No comments