Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Hebat!!, Singkong Indonesia Diminati Masyarakat Selandia Baru

Belawan ǀ suaraburuhnasional.com - Aku suka singkong, kau suka keju.....!, kita pernah mendengar sepenggal lirik lagu yang hits ditahun ...



Belawan ǀ suaraburuhnasional.com - Aku suka singkong, kau suka keju.....!, kita pernah mendengar sepenggal lirik lagu yang hits ditahun 80-an ini?, lagu ini menceritakan pada masanya bahwa singkong identik dengan kasta kesederhanaan.

Tak bisa dipungkiri hingga saat ini banyak masyarakat masih menganggap makanan sebagai tanda status sosial bagi seseorang. Mungkin ada yang berkomentar, "Ach..cuma makan singkong.". Kedengarannya lucu, faktanya kita hanya "ingat nama, tapi lupa bagaimana rasanya singkong".

Kini singkong milik H. Bancin di Sumatera Utara menjadi makanan yang sangat penting dan menggoda selera masyarakat Selandia Baru. Sebanyak 25 ton singkong kupas berwarna putih bersih ini akan diekspor ke Selandia Baru. Singkong ini telah melalui pemeriksaan dan dinyatakan sehat, serta layak untuk diberangkatkan ke Benua Australia, Rabu (25/03/2020).





Demi mendukung akselerasi ekspor singkong asal Sumatera Utara, Pejabat Karantina Pertanian Belawan memaparkan proses pengolahan singkong ini hingga layak diekspor. Caranya yaitu singkong yang telah dicabut terlebih dahulu dicuci, lalu dikupas kulitnya, selanjutnya disortir dan dilakukan perendaman air bersih selama 30 menit. Setelah direndam singkong-singkong itu dikemasan diplastik kedap udara dan dimasukan dalam container reefer dengan suhu -8°C. Selesai. Singkong siap untuk diekspor. Tentu tidak lupa juga melaporkan komoditas ini ke karantina pertanian secara online.

Kepala Balai Karantina Pertanian Belawan Hasrul berupaya mendongkrak kasta singkong melalui layanan akselerasi ekspor guna perbaikan ekonomi petani singkong di Sumatera Utara. "Ayo... makan singkong dari sekarang. Ada banyak cara, salah satunya dengan mengonsumsi aneka ragam olahan berbahan dasar singkong sebagai makanan sehat dan bergizi," ajak Hasrul. (Nelson Siregar/Hms)

No comments