Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kapolres Asahan Gelar Konferensi Pers Terhadap Pelaku Pembunuh Novita Sari Simbolon

Asahan | suaraburuhnasional.com - Kapolres Asahan AKBP. Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K, menggelar konferensi pers, bertempat di Halaman Map...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Kapolres Asahan AKBP. Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K, menggelar konferensi pers, bertempat di Halaman Mapolres Asahan, pada Kamis (12/3/2020) terhadap kasus pembunuhan Novita Sari Boru Simbolon (14) alias Pirang, warga Dusun XIII, Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang,

Mengawali kegiatan tersebut Kapolres Asahan mengatakan bahwa Tim Sat Reskrim Polres Asahan pada hari Selasa, tanggal 10 Maret 2020 berhasil mengungkap dan menangkap tiga orang pelaku pembunuh Novita Sari Boru Simbolon (Pirang).

Menurut keterangan Kapolres Asahan AKBP. Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K saat konferensi pers mengatakan, bahwa ketiga orang pelaku merupakan petugas keamanan perusahaan perkebunan swasta PT CSIL.

Dan nama ketiga tersangka pelaku pembunuh Novita Sari Boru Simbolon tersebut yakni, Rolid. Siregar (44), warga Dusun III Desa Sei Paham, Kecamatan Sei Kepayang, Daniel Amri Damanik (38), warga Dusun II Desa Sei Lama, Kecamatan Simpang Empat dan inisial Syahrial Halawa (54), warga Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan,"ungkap Kapolres Asahan.

Pada konferensi pers tersebut Kapolres Asahan AKBP. Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K mengungkapkan, ada pun motif para tersangka menghabisi korban karena sakit hati. Dikarenakan para pelaku telah mengingatkan korban untuk tidak mengambil brondolan buah sawit di areal perkebunan PT CSIL tersebut.

Akibat korban tidak menuruti kata - kata para tersangka, dan melakukan perlawanan serta melontarkan kata - kata bernada kasar. Kemudian, salah satu tersangka RS mencekik leher korban dan menjatuhkan ke tanah. Melihat hal itu, tersangka lainnya, DA mengambil batu dan memukulkan ke dagu korban," ungkap Kapolres Asahan.

Dari tindakan kedua pelaku RS dan DS, kemudian SH merupakan rekan pelaku ikut memukul korban dengan pelepah pohon sawit. Tidak hanya itu, SH juga menyeret korban dan memasukkan ke dalam parit.

Diambil dari keterangan ketiga pelaku pembuhan tersebut, dan di Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas Sat Reskrim Polres Asahan mengamankan barang bukti berupa 1 pasang sandal korban, batu yang digunakan untuk memukul korban, 3 unit handphone (HP), 1 unit sepeda motor milik korban dan 3 unit sepeda motor milik ketiga tersangka tersebut," ungkapnya.







Penemuan jasad korban berawal dari ditemukannya sepeda motor Yamaha Vixion yang biasa digunakan korban untuk mencari buah sawit brondolan oleh pihak keluarga. Jasad korban ditemukan sekitar 200 meter dari lokasi sepeda motor, Senin, 9 Maret 2020.

Jasad korban juga sempat dibawa ke RSUD dr. Tengku Mansyur Kotamadya Tanjung Balai untuk menjalani visum, Namun untuk kepentingan lebih lanjut jasad korban dibawa ke RSUD Djasamen Saragih, Kotamadya Pematang Siantar," ujar AKBP. Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K.

Pasal yang dikenakan kepada 3 orang pelaku pembuhan terhadap Novita Sari Boru. Simbolon adalah Pasal 340 KHUP Pidana jo Pasal 338 KUHP Pidana tentang Pembunuhan Berencana. Dengan ancaman hukumannya berupa Hukuman Mati, Seumur Hidup atau 20 Tahun Penjara," tegas Kapolres Asahan AKBP. Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K. (Indra Sibarani)

No comments