Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Panen Raya Padi Kabupaten Asahan Tahun 2020 Dihadiri Gubernur Sumatera Utara

Asahan | suaraburuhnasional.com - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Panen Raya Padi, di Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan Ta...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Panen Raya Padi, di Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan Tahun 2020.

Hadir pada kegiatan Panen Raya Padi tersebut adalah, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, bersama Bupati Asahan H. Surya, B.Sc, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, MSi, Forkopimda Kabupaten Asahan, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Asisten dan Staf Ahli Pemkab Asahan, OPD Kabupaten Asahan, dan Kelompok Tani, Senin (16/3/2020).

Kegiatan tersebut mengusung tema Membangun Desa, Menata Kota Menuju Sumatera Utara Yang Agraris (Berkemajuan )dan Bermartabat).

Pada sambutannya Bupati Asahan H. Surya B.Sc menyampaikan, sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Asahan, mengingat cukup besarnya peluang yang dapat dikembangkan, untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus pengembangan perekonomian daerah melalui sektor ini.

Untuk mewujudkannya hal tersebut kita masih memiliki kendala, seperti produktivitas lahan yang belum optimal, penggunaan benih bermutu yang masih rendah, tingkat kehilangan hasil yang masih tinggi, serta dukungan sarana dan prasarana yang masih belum memadai,"ujar Bupati Asahan.

Dalam kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyampaian Gubernur Sumatera Utara yang dalam sambutannya disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Provsu Nouval Mahyar SH mengapresiasi perkembangan potensi padi di Kabupaten Asahan.

Saya melihat potensi padi yang bisa lebih besar lagi, sehingga Kabupaten Asahan merupakan salah satu Kabupaten penerima program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation (IPDMIP), yang mendorong pengelolaan irigasi secara integratif dan partisipatif, dalam mewujudkan kedaulatan pangan,"ujarnya.



Lebih lanjut beliau terangkan, bahwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Kecamatan Rawang Panca Arga dan Kecamatan Meranti mengalami peningkatan produktivitas padi rata - rata sebesar 5.69%, sehingga dirinya berharap dengan hal tersebut, Kabupaten Asahan dapat menjadi salah satu lumbung beras di Sumatera Utara.

Kami berharap dengan adanya panen saat ini, semakin banyak masyarakat yang bersemangat mempertahankan lahan sawahnya untuk terus bertanam padi," pungkasnya. (Indra Sibarani)

No comments