Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Camat Sipispis Instruksikan Seluruh Kepala Desa Anggarkan Dana Tanggap Darurat Terkait Covid-19

Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com - Melihat situasi yang berkembang saat ini mengenai pandemi virus Corona (Covid-19) di Kecamata...



Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com - Melihat situasi yang berkembang saat ini mengenai pandemi virus Corona (Covid-19) di Kecamatan Sipispis, kami dari pemerintah tetap stand by menunggu apabila ada instruksi dari pemerintah pusat, karena ini merupakan acuan dalam melakukan tindakan di daerah khususnya di Kecamatan Sipispis.

Ungkapan tersebut disampaikan Camat Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara Rico Ebtian, S.Sos, M.Si kepada awak media ini di ruang kerjanya, Senin (6/4/2020).

Camat menambahkan, terkait Covid-19, pihak Kecamatan telah melaksanakan koordinasi dengan Kapolsek, Danramil dan Kepala Puskesmas serta melakukan himbauan - himbauan kepada masyarakat untuk melakukan tindakan - tindakan yang dapat mencegah penyebaran virus Corona seperti, melakukan sosial distancing, artinya, tidak melakukan kegiatan - kegiatan berkumpul, tetap di rumah, apabila ada tidak ada kegiatan penting atau urgen jangan keluar rumah dan untuk pemerintah desa juga telah kita himbau untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah - rumah masyarakat.

Kemudian kami juga telah memberikan bantuan untuk Desa Bartong berupa masker kepada seluruh masyarakat. "Jadi kegiatan ini akan dilaksanakan berkesinambungan, terus kita pantau dan juga dalam pengelolaan Desa sudah menganggarkan,”ujar camat.

Kita juga sudah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) untuk Covid-19 agar menganggarkan dana tanggap darurat guna melakukan tindakan pencegahan di Desa masing - masing dan ke depan akan terus kita kampanyekan kepada masyarakat untuk terus disiplin mematuhi aturan - aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sedangkan Orang Dalam Pengawasan (ODP) pada data terakhir ada sekitar 20 orang dari Kecamatan Sipispis dengan kriteria apabila ada orang yang datang dari zona merah, kita langsung melakukan pemantauan, terus dihimbau untuk mengisolasi diri di rumah selama 14 hari berdasarkan SOP dari Dinas atau Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Tugas kami hanya memantau saja, berkoordinasi dengan Kepala Dusun (Kadus) dan Kepala Desa (Kades) untuk memantau masyarakatnya apabila ada orang yang baru pulang dari luar kota atau dari luar negeri harus kita pantau, kita anjurkan mengisolasi diri kalau ada gejala demam, batuk, pilek yaitu, kita berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas untuk melakukan pengawasan medis turun langsung ke rumah - rumah menyampaikan sosialisasi, memberi bantuan dan perawatan dari Bidan Desa," papar Camat Rico Ebtian yang sebelumnya menjabat Camat Dolok Merawan.




Lebih lanjut Camat menegaskan, sampai saat ini Kecamatan Sipispis belum ada terkonfirmasi positif dalam hal virus Corona. Langkah - langkah kedepan kita akan terus mengkampanyekan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, melakukan Sosial Distancing dan menjaga antara satu dengan lainnya (menjaga jarak)," himbau Camat.

Camat juga mengatakan, sudah memasang spanduk himbauan kepada masyarakat untuk melakukan langkah - langkah pencegahan mengenai penularan virus Covid-19. Terkait ada masyarakat yang meninggal, kita menghimbau kalau sudah melayat langsung pulang saja untuk menghindari keramaian, artinya, secara adat atau ketentuan agama itu melaksanakan fardhu kifayah atau pemakamannya. Pada intinya, mengurangi interaksi antara masyarakat," tutur Camat sembari menyampaikan sudah menyambangi semua desa dan telah berkoordinasi dengan pihak perkebunan untuk berperang aktif melakukan penyemprotan disinfektan. (Alfian Haris)

No comments