Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Cegah Covid-19, Kades Mariah Padang Leonard Lumban Raja Himbau Masyarakat Rajin Cuci Tangan

Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com – Di tengah merebaknya virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda berbagai ...



Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com – Di tengah merebaknya virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda berbagai Negara di dunia, tak terkecuali di Negara Republik Indonesia (RI), sungguh sangat menakutkan dan meresahkan masyarakat, karena virus ini sudah banyak memakan korban meninggal dunia.

Itu sebabnya di Indonesia sendiri, seperti Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah bahkan sampai ke pelosok-pelosok negeri ini sudah melakukan upaya untuk pencegahan menyebarnya Covid-19.

Terkait Covid-19, Kepala Desa (Kades) Mariah Padang Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Leonard Lumban Raja kepada awak media ini, Senin (27/4/2020) di kantornya menjelaskan, pembuatan wastafel atau tempat cuci tangan (hand sanitizer) bagi masyarakat sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Bahkan hand sanitizer sengaja dibuat  indah dan menarik," ucapnya.

Dijelaskan Leonard lagi, awal mula timbulnya keinginannya untuk membuat wastafel seperti ini karena model yang seperti biasa mudah jatuh. Itu sebabnya muncul inspirasinya hingga membuat wastafel seperti ini agar lebih kokoh," katanya.

Leonard juga menjelaskan, pengadaan hand sanitizer atau tempat cuci tangan akan dibagikan di Lima Dusun yang terdapat di Desa Mariah Padang. Sebenarnya jumlah keseluruhan hand sanitizer ada sepuluh paket, namun satu set sudah terlebih dahulu disalurkan. Dari Sepuluh hand sanitizer, Lima hand sanitizer akan disalurkan ke Lima Dusun dan sisanya akan dibagikan ke rumah-rumah ibadah," ujar Leonard.

Lanjut Leonard, tujuan membuat hand sanitizer ini untuk membiasakan masyarakat cuci tangan dengan sabun atau sejenisnya dalam menangkal penyebaran Covid-19. Kalau pengadaan wastafel ini saya pakai dari dana pendahuluan dan telah dianggarkan dari Dana Desa (DD)," tutur Leonard.






Leonard berharap,  semua pendatang atau orang yang ingin masuk ke Desa Mariah Padang wajib cuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ini harus dilakukan, kalau tidak mau cuci tangan, silahkan balik kanan, tinggalkan Desa ini," tegas Leonard.

Ditambahkan Leonard, di Desa Mariah Padang sudah diadakan Posko Covid-19 dan diisi oleh tenaga-tenaga relawan dan bermitra dengan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, pendamping Desa dan Bidan Desa," terangnya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Leonard menghimbau kepada masyarakat agar sering cuci tangan pakai sabun, jaga kebersihan, gunakan masker, segera kelayanan kesehatan jika demam, jaga kesehatan, jangan mudik saat Pandemi Covid-19, hindari atau jaga jarak (physical distancing) minimal satu meter saat berinteraksi dengan teman atau keluarga, tetap berada di rumah (stay at home), jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting atau mendesak, perbanyak konsumsi air hangat, sayur dan buah," sebutnya. (Alfian Haris)


No comments