Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kepolisian Resor Padang Lawas Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan di Sabatolang

Palas | suaraburuhnasional.com - Polres Palas menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan RH yang terjadi Selasa (25/02/2020), yang lalu di ...



Palas | suaraburuhnasional.com - Polres Palas menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan RH yang terjadi Selasa (25/02/2020), yang lalu di parit pengairan persawahan Sabatolang Desa Tanjung Sipagabu, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Polres Padang Lawas menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan korban berisial RH (18) warga Desa Arsesimatorkis, Kecamatan Barumun, dengan pelaku yang merupakan kekasih korban ASS (21) warga Padangsidimpuan, yang tinggal saat itu di desa tersebut, Selasa (21/4/2020) sore di halaman Mapolres Palas.

Rekonstruksi pembunuhan yang digelar tersebut, pihak berwajib penegak hukum (polisi) menghadirkan ASS yang menggunakan masker memeragakan 16 adegan rangkaian pembunuhan terhadap korban yang diperankan pemeran gantinya boneka plastik perempuan.

Proses rekonstruksi yang diawali dengan adegan tersangka membonceng korban mengendarai sepeda motor Honda Beat menuju lokasi pesta di Desa Parapat, Kecamatan Sosa. Setelah itu, pelaku mengajak sang pacar minum es kelapa muda di daerah Padang Luar sembari membawa jalan-jalan ke Desa Sabatolang, Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Dalam pelaksanaan rekonstruksi yang berlangsung terbuka itu, pengawalan ketat dari aparat kepolisian, tim inafis dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Palas.

Kasatreskrim Polres Palas Iptu Aman Putra Bangunsyah mengatakan, semua rangkaian reka adegan kasus pembunuhan oleh tersangka sesuai dengan kronologi kejadian dalam berita acara rekonstruksi.

“Selain itu Kasatreskrim menjelaskan, Semua adegan yang diperagakan tersangka dimulai dari pasangan kekasih ini pergi dari rumah ke pesta pernikahan sampai tersangka membunuh korbannya menggunakan seutas tali nilon di TKP lokasi kejadian ditemukannya korban di Desa Sabatolang, Kecamatan Aek Nabara Barumun oleh warga sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, seorang warga Desa Arsesimatorkis yang ikut menyaksikan rekonstruksi dari pinggir jalan mengatakan, korban merupakan warga arsesimatorkis orang sebagai seorang guru disalah satu madrasah di desa dan orangnya sangat baik dan ramah serta bermasyarakat disamping mengabdi sebagai tenaga penddik di madrasah desa. Korban juga  tinggal dengan orangtuanya.

Setelah rekonstruksi selesai, Kuasa Hukum tersangka Donna Siregar mengatakan, rekonstruksi ini sebagai tujuan penyidik Polres Palas kasus untuk menyesuaikan BAP saksi dan melengkapi berita acara pemeriksaan.

Sesuai dengan Juknis dan Juklak penyidikan tindak pidana yang diterbitkan Kapolri yaitu dengan teknik interview, interogasi, konfrontasi dan rekontruksi. Meski tidak diatur dalam KUHPidana, kuasa hukum tidak masalah untuk mencari kebenaran materi.

Dalam paparannya Donna mengatakan, didalam hukum pidana dan pasal 8 ayat 1 UU Nomor 8 tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman dikenal dengan azas praduga tidak bersalah/persumsion of innocence dalam rumusannya setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut atau di hadapkan di depan pengadilan wajib dianggap tidak bersalah sebelum ada putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Kuasa hukum tersangka menambahkan, pendampingan kepada tersangka adalah perintah KUHP sesuai dengan pasal 54, 55, 56, 114.

Ditegaskan Donna, pada pasal 18 ayat (2) UU nomor 18 tahun 2003 tentang advokat menyatakan, advokat/Pengacara tidak bisa diindentikkan dengan tersangka, terdakwa atau pelaku, karena advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik didalam maupun diluar pengadilan yang memenuhui persyaratan berdasarkan UU Advokat sesuai pasal 1 angka 1 UU Advokat.

Namun di akhir keterangannya, masyarakat mencibir sang kuasa hukum. “Kok masih mau pengacara mendampingi pembunuh itu,”cibir warga.

Rekontruksi tersebut dihadiri langsung Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito S.I.K, Kasat Narkoba AKP Agus Manimbul Butar-butar SH, Kabag Ops Kompol Aswin Noor Nasution, Kasipidum Kejari Palas Kuo Brata Kesuma dan Kasi Pidsus Jefri Andi Gultom serta Kuasa Hukum tersangka Donna Siregar. (AMH)

No comments