Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Konferensi Pers, Wali Kota Tebing Tinggi Sampaikan Satu Orang Positif Covid-19

Tebing Tinggi | suaraburuhnasional.com - Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menjelaskan, kami dari Satgas Covid-...



Tebing Tinggi | suaraburuhnasional.com - Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menjelaskan, kami dari Satgas Covid-19 Kota Tebing Tinggi menyampaikan perkembangan Covid-19 di Kota Tebing Tinggi ada 578 orang status ODP, 7 orang status PDP dan 1 orang positif Covid-19.

Adapun rincian 7 orang status PDP yaitu, 4 orang dirawat di RS GL. Tobing Medan dengan hasil awal 3 orang masih dengan status negatif, 1 orang dirawat di RS Adam Malik sampai saat ini uji coba pertama masih negatif, 2 orang dirawat di RS Kumpulan Pane juga masih berstatus negatif dan 1 orang yang di RS GL Tobing dinyatakan positif.

Hasil ini diperoleh dari laboratorium Kementerian Kesehatan Jakarta. Kami sampaikan juga, hari ini kami mengadakan rapat tentang kontribusi pemerintah ataupun tindakan - tindakan pemerintah dalam hal mengatasi tentang Covid-19 dibidang pekerjaan tenaga pekerja atau buruh.

Dari hasil rapat kami dengan Satgas Covid-19 dan juga para pengusaha Apindo maupun serikat buruh sampai saat ini belum ada satupun pekerja yang di PHK di Tebing Tinggi. Yang ke dua, para pengusaha berkomitmen membayarkan THR sesuai  dengan jadwal waktunya nanti dan pengusaha menuntaskannya sebelum hari raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih dan berharap sekali kepada seluruh pengusaha untuk dapat menjalankan usaha dengan baik dan menunaikan kewajiban dengan sebaik - baiknya.

Yang ke tiga, Kartu Pra Kerja yang diluncurkan oleh pemerintah sudah bisa di akses melalui online dan saat ini di Kota Tebing Tinggi yang melaporkan dan mendaftar langsung ke Dinas Tenaga Kerja ada sebanyak 260 orang.

Kartu Pra Kerja ini bukan berbentuk fisik, tapi merupakan nomor induk yang sifatnya 16 digit yang akan digunakan dan bukan merupakan kartu yang digunakan untuk mendapatkan dana, tapi kartu untuk meningkatkan kompetensi kinerja, meningkatkan produktivitas serta meningkatkan kualitas kinerja dan kartu ini nantinya lebih banyak dipergunakan untuk pendidikan daripada calon pencari kerja.

Ungkapan tersebut disampaikannya pada saat konferensi pers terkait perkembangan virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) di Balai Kota, Kota Tebing Tinggi, Senin (13/4/2020).

Ditambahkan Wali Kota, pada hari ini, kami sudah mengundang pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan telah menjelaskan tentang kebijakan pemerintah menggratiskan listrik kepada masyarakat yang berdaya 450 VA dan bagi pengguna dengan daya 900 VA dengan kode RI 1 dikenakan potongan 50℅. Sementara yang ada kode RI R rumah tangga Ini dengan kategori mampu tidak kena paket atau membayar seperti biasa,.

Informasi tentang ini bisa diperoleh melalui aplikasi PLN dan tentang pra kerja atau pencari kerja dapat diakses di www.kemenaker.co.id untuk memperoleh panduan apabila pra kerja ada pertanyaan yang harus dijawab dalam tempo 25 menit," jelas Wali Kota.

Wali Kota juga mengingatkan, penciptaan kartu pra kerja dua minggu sekali dan setiap minggunya 164.000 yang akan di akses dan kalau tidak masuk dalam paket pertama bisa mendapatkan kembali paket ke 2 pada dua minggu berikutnya," katanya.

Kami juga berharap bantuan rekan - rekan pers agar mensosialisasikan kewajiban memakai masker, physical distancing satu meter harus dilaksanakan, isolasi diri serta mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan air bersih," ucap Wali Kota.

Pemko Tebing Tinggi sambung Wali Kota, pada hari Kamis (16/4) akan membagikan paket sembako  bagi yang terdampak Covid-19.

Mengenai keluarga yang positif Covid-19 kata Wali Kota sudah dilakukan Rapid test, mudah - mudahan hasilnya negatif, namun tetap dipantau dan mereka masuk dalam kategori Orang Dalam Pantauan (ODP) dan untuk menekan ODP dengan cara pengecekan di pos - pos bersama - sama Kodim, Danramil dan diadakan cek point pada empat titik yang masuk ke Kota Tebing Tinggi melalui seleksi, kemudian diberikan pengarahan kepada mereka karena dikhawatirkan dan sudah disiapkan ruang karantina," ungkapnya.

Dijelaskan juga oleh Wali Kota perihal sudah berfungsinya ruang karantina yaitu, Rumah Sakit (RS) Kumpul Pane satu orang wanita yang baru pulang bekerja dari luar negeri, sementara di TC Sosial ada satu orang baru pulang dari luar negeri," tuturnya. (Alfian Haris)

No comments