Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Koptan Kopi Desa Siruar Terima Bantuan Dari PT. Toba Pulp Lestari

Toba | suaraburuhnasional.com - Sebanyak 500 bibit dan 400 benih kopi beserta pengadaan peralatan pembuatan rumah bibit dan juga penjemu...



Toba | suaraburuhnasional.com - Sebanyak 500 bibit dan 400 benih kopi beserta pengadaan peralatan pembuatan rumah bibit dan juga penjemuran kopi dari bantuan perusahaan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk yang diberikan kepada Kelompok Tani Kopi di Desa Siantar Utara (Siruar) Kecamatan Parmkasian, Kabupaten Toba.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat khususnya bagi para petani kopi yang berada di Desa Siantar Utara (Siruar). Program pemberian bantuan bibit kopi ini merupakan salah satu program utama Community Development CD TPL, karena maayoritas masyarakat Desa Siantar Utara (Siruar) adalahbejerja sebagai petani kopi. 

Ramida Siringoringo selaku manager CD TPL menyampaaikan, bahwa sebeumnya perusahaan PT.Toba Pulp Lestari, Tbk telah melakukan pelatihan kepada 89 petani kopi yang berada di Desa Siantar Utara (Siruar) dan juga program ini merupakan program lanjutan, dan lima orang petaniyang aktif yang akan mengikuti program Pelatihan,”pungkas Ramida. 

Selama ini masyarakat masih belum mengetahui mengenai jenis kopi dan Varietes yang digunakan. Sama dengan Indonesia Coffee And Cocoa  Research Institute (ICCRI) yang berada dilokasi Jember, Jawa Timur, yang nantinya akan memberikan Pelatihan, budidaya dan juga pasca panen,”ujar Raamida. 

Ramida juga menambahkan, bahwa program ini kedepannya bagi para petani kopi bisa menjadi lebih mandiri dan dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat petani kopi,”ujar Ramida Siringoringo.   

Camat Parmaksian, Paiman Butar Butar, SS juga memberikan apresiasi kepada perusahaan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk karena masyarakat petani kopi yang berada di Desa Siantar Utara (Siruar) dapat merasakan yang lebih baiknya bagi mayarakat petani kopi,”tandasnya. 

Begitu juga Ketua Kelompok Tani Kopi, Marojahan Simangunsong mengatakan, dalam hal ini kami mengaku bahwa sebelumnya para petani kopi yang berada di Desa Siantar Utara (Siruar) hanya bertani mengandalkan alat tradisional saja dan juga hanya mengandalkan pengetahuan yang diperoleh secara turun menurun.

Marojahan Simangunsong juga menambahkan ucapannya, bahwa adanya program ini, kami masyarakat petani kopi berharap kedepannya bisa menjadi yang lebih baik dan mandiri dari sebelumnya.

Kami atas masyarakat petani kopi mengucapkan juga terimakasih kepada perusahaan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk atas bantuan yang diberikannya, semoga kami masyarakat Petani kopi dapat memahami dan lebih baik kedepannya bekerj juga bisa lebih mandiri dari sebelumnya,”ujar Marojahan Simangunsong. (Octa)

No comments