Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Penyaluran BST Di Kabupaten Asahan Di Awali Dari Daerah Pedesaan Kecamatan Rawang Panca Arga

Asahan | suaraburuhnasional.com - Terkait Percepatan Penanggulangan Penanganan Penyebaran Covid - 19 di Negara Kesatuan Republik Indones...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Terkait Percepatan Penanggulangan Penanganan Penyebaran Covid - 19 di Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam hal tersebut Pemerintah mengucurkan Dana pembagian Bantuan Sosial Tunai ( BST ) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Kepala Dinas Sosial (Kadis Dinsos) Kabupaten Asahan Syamsuddin saat dikonfirmasi awak media suaraburuhnasional.com di ruang Kantor Dinas Sosial Kabupaten Asahan, Jumat (8/5/2020), mengatakan, bahwa BST tersebut merupakan bagian dari program Jaring Pengamanan Sosial sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial Nomor 54/HUK/2020 Tentang Pelaksanaan Bantuan Sembako dan Bantuan Sosial Tunai dalam penanganan dampak Covid - 19.

Untuk BST tersebut Pemerintah akan memberikan bantuan tunai sebesar Rp 600.000 per Kepala Keluarga (KK) per bulan. Bantuan diberikan bagi warga yang sudah terverifikasi terdampak pandemi Covid - 19.

Bansos tersebut akan disalurkan selama tiga bulan berturut - turut, yang akan dibagikan langsung ke rumah warga. Bantuan tersebut merupakan bagian dari program jaring pengaman sosial, sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial (Kemensos) Nomor 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai Dalam Penanganan Dampak Covid - 19.

Kadis Dinsos Kabupaten Asahan Syamsuddin juga mengungkapkan, bahwa bantuan yang diberikan itu tidak akan merata ke seluruh masyarakat, karena pemerintah memprioritaskan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Seperti empat Desa yang ada di wilayah Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan. Data terkait warga yang berhak menerima bantuan tersebut didapat dari Pemerintah Desa setempat, namun Kemensos juga melakukan verifikasi dari data terpadu.

Dengan demikian, warga penerima bantuan yang sudah ada, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri dan lainnya tidak akan dapat menerima BST.




Ditempat dan waktu yang berbeda Danil Kepala Satgas BST yang ditunjuk PT. Pos Indonesia Cabang Kisaran mengatakan bahwa salah satu Desa yang ada di Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan yang terdampak Pandemi Covid - 19 adalah Desa Rawang Pasar V, dengan jumlah masyarakat penerima BST 265 Kepala Keluarga.

Menurut Danil bahwa pihak PT. Pos Indonesia Cabang Kisaran Kabupaten Asahan hanya menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang telah terdaftar sebagai penerima BST. Adapun BST yang disalurkan Rp.600.000 (Enam Ratus Ribu Rupiah) per Kepala Keluarga, selama tiga kali berturut - turut.

Akhir penyampaianya Danil mengatakan bahwa BST yang disalurkan PT. Pos Indonesia, juga disalurkan melalui Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yakni, BNI, Mandiri, BRI, dan BTN. (Indra Sibarani)

No comments