Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Dinas Dukcapil Sergai Butuh Waktu Berhari - Hari Cetak Akte Lahir

Sei Rampah | suaraburuhnasional.com - Ada apa dengan layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dakcapil) Serdang Bedagai dalam melay...



Sei Rampah | suaraburuhnasional.com - Ada apa dengan layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dakcapil) Serdang Bedagai dalam melayani segala permohonan pengajuan masyarakat. Salah satunya pengalaman seorang pemohon warga Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Segai dalam hal pembuatan akte kelahirnya membutuhkan waktu berhari-hari atau hampir  dua minggu.

Padahal berkas diusulkan di kantor Dinas Dukcapil Sergai sudah cukup lama persisnya pada hari Selasa, (16/6/2020) sampai berita ini diterbitkan akte yang ditunggu tidak kunjung di terima.Karna merasa cukup lama, warga yang nama tidak disebutkan, mendatangi kantor Capil Sergai dan menayakan prihal permohonan penerbitan akte lahir tersebut atas nama Muhammad Sulton dan Muja Al baihaqi kepada salah seorang pegawai Dinas Dukcapil di loket 12, Senin, (22/6/2020) mengatakan dengan nada yang vokal,"akte tidak bisa diberikan tanpa ada bukti SMS dari pihak kami, walau pun sudah siap, ini sistem. Kami disini bekerja sesuai sistem. Tunggu aja SMS dari kami baru boleh datang kemari!,"ungkap pegawai Dukcapil Sergai.

Dari perkataan pegawai tersebut kepada warga yang datang, mungkin pegawai tersebut terbebani dengan tugas yang diberikan kepadanya. Sehingga timbul emosi-emosi dalam menghadapi ragam karakter masyarakat yang ada. Kondisi pelayanan semacam ini, kalau terus-menerus terjadi, bisa-bisa tingkat kepuasan terhadap layanan Dinas Dukcapil Serdang Bedagai paling rendah. Tidak sesuai motto yang dipajangkan di kantor capail dengan sebutan Pak Yan Pejam Mata (Paket Layananan Pelayanan Satu Jam Mantap Tanpa Pungutan Apa-apa).



Selanjutnya awak media ini pun mencoba menayakan tentang penyebab lamanya proses penerbitan Akte Kelahiran warga tersebut dengan cara menemui Kadis Dukcapil Sergai Fitriadi, S.Sos MSi di kantornya, Kamis (24/6/2020) pukul 10.00 WIB. Pada saat itu Kadis Dukcapil Fitriadi, S.Sos tersebut tidak berada di tempat.Dan ketika dihubungi nomor kontak hp-nya, tidak aktif. (Her)

No comments