Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Kadis Pertanian Sergai Hadiri Acara Sosialisasi Kemitraan Para Petani Sawit Dengan PT. Indopo

Tanjung Beringin | suaraburuhnasional.com - Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP  hadir mengikuti gelar acara sosialisasi kemitraan denga...



Tanjung Beringin | suaraburuhnasional.com - Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP  hadir mengikuti gelar acara sosialisasi kemitraan dengan para petani sawit yang ada di sekitar perkebunan sawit PT Indopo di aula kantor Perkebunan Indopo Dusun III Desa Pematang Cermai, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (24/6/2020) pukul:10.00 WIB.

Hadir dalam sosialisasi Kadis Pertanian Sergai Radianto bersama Staf Dinas Pertanian Dedi Iskandar, Humas Perkebunan Indopo,Camat Tanjung Beringin Syafruddin, Kades Pematang Cermai Misdi, dan para petani Desa Pematang Cermai.

Dalam mengikuti solialisasi tersebut puluhan para petani yang hadir sangat atusias dan aktif mendengarkan nara sumber D. Sipayung menjelaskan bagaimana cara peningkatan produktivitas hasil tanam untuk kemajuan dan kesejahteraan petani.

Di sela peninjauan pupuk cair organik Kadis Pertanian Sergai Radianto mengatakan kepada awak media,"untuk persyaratan izin perkebunan wajib memiliki mitra dengan rakyat sekitar perkebunan.Memberikan hak petani mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan bantuan sarana prasaran. Sedangkan hak perkebunan mendapatkan keamanan dari rakyat. Dalam menjalin kemitraan ini pihak perkebunan membuat kesepakatan dengan para petani sekitar, dinas sendiri hanya mengetahui dan mengawasi, setelah dibuat kesepakatan,"ungkap Kadis.

Selanjutnya usai acara Humas PT Indopo Darma Sutra mengatakan hasil pertemuan ini belum memuaskan karena keterbatasan waktu, kita akan jadwalkan kelanjutan pertemuan ini ketika kesepakatan sudah dibuat dengan kelompok taninya, kita akan melakukan kordinasi kepada kelompok tani atau pun kepada kepala desanya. Kelompok tani inilah yang akan menyampaikan ke para petani yang ada,"ungkap Darma.

"Kita dari pihak perkebunan juga menjelaskan bahan apa-apa saja dan bagaimana cara pengolahan pupuk organik dalam pembuatan pupuk sendiri, berupa ikan atau udang busuk, susu kaleng, gula, dan campuran lain sebagai permentasi bahan tersebut,"jelas Darma lagi.



Pihak Dinas Pertanian Sergai juga mengapresiasi pupuk organik hasil pengolahan perkebunan Indopo ini. Bahan organik ini sendiri sudah dibuktikan kepada tanaman, jagung sayur, sawit dan hasilnya cukup memuaskan dan reaksinya juga cukup cepat. Hal ini menjadi suatu keuntungan bagi kita selain bahan pupuk cair organik tergolong murah, hasilnya tidak kalah dengan pupuk kimia. Jadi hasil kita para petani bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Sebelumnya dalam mengikuti solialisasi tersebut puluhan para petani yang hadir sangat atusias dan aktif mendengarkan nara sumber D.Sipayung menjelaskan bagaimana cara peningkatan produktivitas hasil tanam untuk kemajuan dan kesejahteraan petani. (Her)

No comments