Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


LPJ Pelaksanaan APBD 2019, Bupati Asahan Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Asahan

Asahan | suaraburuhnasional.com - Terhadap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) T...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Terhadap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2019 dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asahan, Bupati Asahan H. Surya, B.Sc sampaikan jawaban atas pandangan umum Fraksi DPRD Kabupaten Asahan, yang dilaksanakan di Aula Rambate Rata Raya Gedung DPRD Kabupaten Asahan, pada Hari Selasa (23/06/2020), dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan, para Kepala OPD dan anggota DPRD Kabupaten Asahan.

Dalam penyampaiannya  Bupati Asahan H. Surya, B.Sc mengatakan ada beberapa hal yang telah dirangkum menjadi 3 hal pokok, yakni berkaitan dengan pencapaian target Pendapatan Daerah, permasalahan dalam penyerapan Belanja Daerah dan besaran Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) yang nantinya akan ditetapkan untuk dapat dipergunakan dalam Perubahan APBD Tahun 2020.

Untuk itu H. Surya, B.Sc juga menjelaskan untuk realisasi Pendapatan Daerah tahun 2019 mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan realisasi pendapatan daerah tahun 2018. Untuk Pos Pendapatan Pajak Daerah tidak tercapainya realisasi dari target yang telah dianggarkan karena kurangnya kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak yang telah ditetapkan serta adanya jenis pajak yang sifatnya insidentil.

Mengenai penyerapan Belanja Daerah khususnya belanja modal, dan beberapa kegiatan yang dialokasikan pada belanja modal, sebagian besar tidak direalisasikan karena kurangnya kedisiplinan dan kepatuhan terhadap tahapan-tahapan dan batasan yang telah ditentukan dalam mekanisme pencairan,"papar Bupati Asahan.

Hal mengenai Sisa Lebih Perhitungan Anggaran, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran semakin berkurang, dan hal ini menunjukkan bahwa penyerapan anggaran semakin meningkat dari tahun ke tahun. Besar kecilnya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran tidak hanya disebabkan oleh faktor internal tetapi juga faktor eksternal," ujar H. Surya, B.Sc.

Mengakhiri penyampaianya H. Surya, B.Sc mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Demokrat dan Fraksi PPP atas saran dan pendapat dalam rangka perbaikan dan peningkatan kinerja Pemerintah Kabupaten Asahan yang berkaitan dengan pengelolaan APBD. Hal ini menunjukkan besarnya kepedulian anggota dewan terhadap kemajuan Kabupaten Asahan. Kepedulian terhadap target-target yang telah disepakati bersama pada saat penyusunan APBD, kepedulian terhadap program kegiatan yang telah direncanakan bersama, yang pada akhirnya kepedulian tersebut berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Asahan di setiap tahun anggaran.



H. Surya, B.Sc juga menyampaikan bahwa opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 juga telah memberikan bukti bagaimana kita telah bersama-sama saling membantu dan mengingatkan untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan segala kekurangan untuk bisa mencapai hasil yang lebih baik. Semoga kedepannya Keuangan Daerah menjadi lebih baik dan sesuai dengan harapan kita bersama.

Terhadap temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati Asahan H. Surya, B.Sc telah memerintahkan kepada beberapa OPD yang masih memiliki kelemahan dalam sistem pengendalian intern untuk segera menindaklanjuti sesuai rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). (Indra Sibarani)

No comments