Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Pasca Sergai Masuk Zona Merah, 2 Warga Positif Covid Kembali Bertambah

Sei Rampah | suaraburuhnasional.com - Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Sergai Drs H Akmal, AP, M...



Sei Rampah | suaraburuhnasional.com - Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si dalam Konfrensi Pers (Konpers) menyampaikan bertambahnya 2 lagi warga Sergai yang positif Covid 19. Hadir dalam konpers Sekretaris Dinkes dr. Helminur dan Sekretaris BPBD Sergai Samsunik, S.Pd di Posko Gugus Tugas Rumah Dinas Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (8/6/2020)

Dalam Konpers Akmal menyampaikan kronologis pasien positif Covid berinisial S (37) merupakan seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) yang bekerja di Belawan, Medan (RSAL Komang Makes Medan).

"Sebenarnya yang bersangkutan dan keluarganya belum pernah berkunjung ke Sei Rampah sejak awal tahun, dan tidak ada kontak dengan keluarga yang ada di Sei Rampah. Demikian halnya pada waktu lebaran yang bersangkutan juga tidak mudik ke Sei Rampah,"terang Akmal.

Pada hari Kamis tanggal 4 Juni 2020, seluruh tenaga kesehatan yang berada di Rumah Sakit Angkatan Laut Belawan melakukan Rapid tes dan Test PCR/swab. Pada tanggal 7 Juni, hasil lab test PCR/Swab yang bersangkutan keluar dan hasilnya dinyatakan Positif Covid 19. Yang bersangkutan sekarang sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Angkatan Laut Komang Makes, Belawan.

Dinas kesehatan telah mengkonfirmasi hal ini kepada yang bersangkutan melalui telepon dan Bidan Desa juga sudah mendatangi kediaman yang bersangkutan yang ada di Sei Rampah. Dinas Kesehatan sudah melaksanakan serangkaian prosedur preventif sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Selain itu menghimbau kepada warga untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan demi memutus mata rantai pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Akmal juga menjelaskan kronologis yang kedua berinisial L (15) merupakan seorang pelajar SMP, diketahui yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan ke luar Kota, yaitu ke Sidamanik Kab Simalungun.

"Pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2020, yang bersangkutan mengeluhkan sesak nafas dan batuk, oleh keluarga SL langsung dibawa ke RSUD Deli Serdang untuk berobat. Sampai di RSUD Deli Serdang, pasien dibawa ke IGD dan segera dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil non reaktif,"ungkapnya.

Pada hari Rabu tanggal 3 Juni 2020, yang bersangkutan melakukan pemeriksaan tes PCR/Swab di RSUD Deli Serdang, dengan keadaan tidak sesak dan tidak demam. Pada hari Sabtu tanggal 6 Juni, hasil pemeriksaan PCR/Swab yang bersangkutan keluar dan hasilnya dinyatakan Positif Covid 19. Yang bersangkutan sekarang sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang,"terang Akmal.



Selanjutnya pada hari Minggu tanggal 7 Juni 2020 dilakukan tracing riwayat perjalanan pasien dan kontak ke keluarga serta teman. Keluarga inti akan dilakukan tes PCR/swab dan telah melakukan isolasi mandiri dan dipantau oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai. Adapun pihak keluarga korban yang akan diambil test swab PCR nya yaitu (E),  (SM) dan (A). Disarankan kepada keluarga untuk Keluarga SL dilakukan karantina mandiri, Petugas Kesehatan setempat (bidan desa) melakukan pengukuran tempratur (suhu tubuh) nya 2 kali sehari dan melaporkan suhu tubuhnya ke petugas kesehatan puskesmas/dinas kesehatan,"papar Akmal kembali.

Dan pada Seninnya tanggal 8 Juni 2020, Dinas Kesehatan akan melakukan usaha preventif dengan kembali melakukan tracing dan menyemprot desinfektan di sekitar area tempat tinggal yang bersangkutan dan wilayah sekitar.

Dinas Kesehatan sudah melaksanakan serangkaian prosedur preventif sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Selain itu menghimbau kepada warga untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan demi memutus mata rantai pandemi Covid-19,”pungkas Akmal. (Her)

No comments