Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Pemkab Asahan Gelar Gerak Tanam Serentak Padi Wujudkan Swasembada Pangan Berkelanjutan

Asahan | suaraburuhnasional.com - Dalam mewujudkan Program Swasembada Pangan Berkelanjutan dimasa wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Dalam mewujudkan Program Swasembada Pangan Berkelanjutan dimasa wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Bupati Asahan H. Surya, B.Sc bersama dengan Asisten I Pemerintahan Drs. Jhon Hardi Nasution, Asisten II Ekbang Drs. Bambang HS, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kominfo dan beberapa OPD serta Camat dan unsur Forkopimcam laksanakan Gerak Tanam Serentak Padi Sawah, di Desa Serdang Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, Jumat (12/06/2020).

Dalam hal ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir. Oktoni Erianto, MMA pada laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah yang dilakukan hari ini adalah dalam rangka mendukung Program Swasembada Pangan Berkelanjutan.

Untuk itu Ir. Oktoni Erianto, MMA juga mengatakan bahwa dengan pelaksanaan Gerakan Tanam Serentak ini diharapkan adanya sinergitas positif antara semua pemangku kepentingan baik eksekutif, legislatif, swasta serta seluruh komponen masyarakat khususnya petani yang menjadi ujung tombak keberhasilan pembangunan sektor pertanian.

Kemudian Ir. Oktoni Erianto, MMA juga menyampaikan untuk tahun 2020 telah direalisasikan bantuan benih padi untuk lahan seluas 2.025 Hektare (Ha) yang bersumber dari dana APBN 1600 Ha, APBD Provinsi 100 Ha dan APBD Kabupaten Asahan 325 Ha.

Diwaktu dan tempat yang sama Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan komitmen Pemerintah Republik Indonesia (RI) sangat serius dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik dengan menitik beratkan pada kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani.

Pada penyampaianya Bupati Asahan H. Surya, B.Sc juga mengatakan, dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini, Pemerintah dihadapkan pada dua (2) tantangan besar disektor pertanian, yakni mencukupi pasokan pangan dengan harga terjangkau disisi lain kesejahteraan petani juga harus diperhatikan.

H. Surya, B.Sc juga menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pertanian terus melakukan upaya peningkatan produksi sebagai upaya percepatan Swasembada Pangan Berkelanjutan, upaya tersebut diwujudkan dengan membangun jaringan irigasi dari Sei-Silau untuk menaikkan debit air sungai bunut dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan sumber air untuk persawahan di Kecamatan meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga.



Lebih lanjut H. Surya, B.Sc juga menyampaikan harapannya kepada petani di wilayah Kabupaten Asahan, khususnya Kecamatan Meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga untuk tetap mempertahankan lahan pertaniannya.

Akhir penyampaianya Bupati Asahan juga menghimbau dan berpesan kepada masyarakat dalam percepatan penanganan penanggulangan penyebaran Covid-19 dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19  agar tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap memakai masker, dan jaga jarak (Sosial Distancing), serta upayakan sesering mungkin Cuci Tangan Pakai Sabun. (Indra Sibarani)

No comments