Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

PPDB Online, DPRD Medan Minta Pemko Surati Kelurahan Beri Kapasitas Internet Untuk Masyarakat

Medan | suaraburuhnasional.com – Komisi II DPRD Kota Medan meminta Dinas Pendidikan Kota Medan untuk segera menyurati pihak kelurahan/keca...

Medan | suaraburuhnasional.com – Komisi II DPRD Kota Medan meminta Dinas Pendidikan Kota Medan untuk segera menyurati pihak kelurahan/kecamatan untuk dapat memberi akses wifi internet kepada masyarakat yang akan mendaftar Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dari 22 Juni sampai 4 Juli 2020. Hal ini guna membantu masyarakat yang tidak memiliki akses internet sendiri karena pendaftaran online memasukkan akun baru, masukkan email yang aktif dan password.

“Dibuat surat edaran ke kelurahan/kecamatan soal layanan online ini, agar masyarakat bisa memanfaatkan akses wifi internet untuk mendaftar PPDB,” ujar anggota Komisi II DPRD Medan, Afif Abdillah, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan Kota Medan, Selasa (9/6/2020) yang dipimpin Ketua Komisi II, Aulia Rahman.

Pendaftaran PPDB online, kata Afif, memang perlu dilakukan disaat pandemi Covid 19, namun masyarakat harus dibantu juga untuk pendaftaran tersebut dalam akses internetnya.

Senada dengan itu Wakil Ketua Komisi II, Sudari, meminta Disdik harus koordinasi secara insten dengan camat, lurah dan Kepala lingkungan, agar bisa juga mensosialisasikan ke masyarakat untuk menggunakan akses wifi internet kantor lurah dan kantor camat.

Koordinasi ini, lanjut Sudari sangat penting karena mengingat beban kepala lingkungan dan kelurahan sudah banyak dari pembagian beras, protes masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan sosial dan BST.

“Lurah sudah banyak mengeluh, jadi jangan tambah beban lagi dengan menyuruh masyarakat menggunakan wifi kantor tapi mereka tidak diberitahukan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Muslim Harahap, mengatakan pihaknya akan menyurati camat/lurah untuk memberi fasilitas akses wifi internetnya untuk masyarakat mendaftar PPDB online.

“Di kantor lurah, akses wifi nya sampai 3 GB dan bisa digunakan sekaligus 6 komputer, sedangkan di kecamatan fasilitas 5 GB. Jadi bagi masyarakat yang tidak memiliki email silahkan ke kantor lurah/camat untuk daftar PPDB ini,” katanya.

Untuk server PPDB saat ini, lanjutnya, masih mencukupi untuk menampung sebanyak 30 ribu peserta dengan upload ijazah dan berkas lainnya. Pihaknya juga akan menyiapkan dua orang petugas setuap sekolah untuk memandu masyarakat apabila kesulitan menggunakan aplikasi pendaftaran PPDB. Dimana pendaftaran diperpanjang hingga 2 minggu karena banyak yang tidak faham menggunakan server tersebut.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang mendaftar sampai 25 ribu hingga 30 ribu orang. Dan di tahun ini, kuota siswa SMP yang diterima sebanyak 12.337 ribu dan SD 21 ribu orang. Dimana untuk PPDB tingkat TK dan SD kuota yang diterima berdasarkan daya zona tempat tinggal, halur afirmasi dan perpindahan tugas orangtua/wali.

Sedangkan tingkat SMP berdasarkan data tampung dan melalui jalur zonasi paling sedikit 50 persen, jalur affirmasi 15 persen, perpindahan tugas orangtua/wali paling banyak 5 persen dan jalur prestasi paling banyak 30 persen dari daya tampung sekolah. (PM)

No comments