Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

SDA Desa Gunung Berkat Bandar Pulau Kabupaten Asahan Diambil, Puluhan Tahun Jalan Tidak Diperhatikan

Asahan | suaraburuhnasional.com - Jalan Desa Gunung Berkat yang berada di Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan sudah hampir puluhan ...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Jalan Desa Gunung Berkat yang berada di Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan sudah hampir puluhan tahun rusak dan berlobang seperti kumbangan kerbau. Akibat kesal melihat kondisi jalan, spontanitas Warga Desa menggelar aksi tanam pohon pisang disepanjang jalan rusak dan berlubang - lubang tersebut

Pada batang pohon pisang tersebut juga digantungkan pesan yang bertuliskan "Pak Presiden Tolong Perbaiki Jalan Desa Gunung Berkat Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan Provinsi Sumut”.

Jalan ini merupakan jalan kabupaten, sudah puluhan tahun jalan ini tidak diperbaiki dan tidak pernah mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan

Menurut keterangan dan informasi dari salah satu warga Desa Gunung Berkat Alam mengatakan, bahwa sebelumnya sudah beberapa kali menyampaikan masalah jalan rusak tersebut dalam rapat Musrembang Desa dan Musrembang Kecamatan, namun sampai sekarang warga sudah kesal dan jenuh dengan Pemkab Asahan yang tidak kunjung melakukan perbaikan jalan desa rusak tersebut yang merupakan jalan kabupaten.

Beberapa tahun lalu, sudah dilakukan peninjauan dan pengukuran oleh Dinas PUPR Kabupaten Asahan terkait untuk rencana perbaikan jalan. Akan tetapi hingga tahun ini tidak ada realisasi," ungkap Alam Sitorus.

Akibat jalan Desa tersebut tak kunjung diperbaiki, warga tanam pohon pisang di tengah badan jalan. Apabila ketika hujan turun, kondisi jalan berlubang, dan berbatu serta berlumpur membuat warga sangat sulit untuk beraktivitas," papar Alam Sitorus kepada awak media, Jumat (05/06/2020).

Alam Sitorus juga mengatakan, bahwa jalan rusak tersebut dapat membuat seorang pedagang sawit merugi, akibat barang dagangannya tumpah setelah tergelincir karena kondisi jalan yang becek dan berbatu. Baru kemarin ada mobil pengangkut sawit patah roda as, sehingga truk colt dieselnya terperosok ke parit sehingga buah TBS sawitnya tumpah ke jalan,"pungkasnya.

Untuk itu, Pemkab Asahan, Bapak Presiden, Anggota Komisi lll DPR - Rl, Hinca Panjaitan yang kebetulan datang berkunjung ke desa itu Jumat, (05/06/2020) agar dapat segera merespon untuk mendapatkan perbaikan jalan sepanjang 5 kilometer yang menghubungkan Desa Gunung Berkat dengan desa lainnya di Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan.



Gunung Berkat merupakan desa yang terpencil di penghujung Kabupaten Asahan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tobasa yang memiliki Sumber daya alam dan juga masyarakat berpenghasilan dari kelapa sawit, palawija, kakao serta menjadi sumber mata air PDAM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sumber Daya Alam Desa kami dimanfaatkan, tapi jalan kami tidak kunjung diperbaiki. Harusnya jadi perhatian pemerintah, karena dari mata pencaharian warga sehari hari adalah penghasil kelapa sawit bahkan PKS sudah beroperasi dan sangat membantu masyarakat, tinggal infrastruktur jalan Kami sudah bertahun-tahun mendambakan jalan yang mulus, tapi tidak kunjung ada respon,"ujarnya.

Camat Bandar Pulau, Irwansyah Siahan ketika dikonfirmasi awak media terkait rusaknya jalan kabupaten di Desa Gunung Berkat, beliau menyebutkan akan kita sampaikan ke Bapak Bupati Asahan. (Indra Sibarani)

No comments