Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Tingkatkan Kualitas Layanan Di Masa Pandemi Covid-19, Disdukcapil Kab. Asahan Kembali Serahkan 58 Keping KTP-EL Di Desa Sei-Silau Timur Kec. Buntu Pane

Asahan | suaraburuhnasional.com - Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa tujuan Ne...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa tujuan Negara Republik Indonesia, antara lain adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Amanat tersebut mengandung makna negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui suatu sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya  penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif.

Pelayanan administratif pemerintah merupakan pelayanan pemberian dokumen oleh pemerintah, antara lain yang dimulai dari seseorang yang lahir memperoleh akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk-Elektronik (KTP-EL) Akte Perkawinan (Non Muslim), Kartu Keluarga, Akte Perceraian, Surat Pindah, hingga meninggal dunia memperoleh Akte kematian, dan termasuk segala hal ihwal yang diperlukan oleh penduduk dalam menjalani kehidupannya.

Kondisi dan perubahan cepat perlu disikapi secara bijak melalui langkah kegiatan yang terus-menerus dan berkesinambungan dalam berbagai aspek pembangunan untuk membangun kepercayaan masyarakat guna mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Untuk itu, diperlukan konsepsi sistem pelayanan publik yang berisi nilai, persepsi, dan acuan perilaku yang mampu mewujudkan hak asasi manusia sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dapat diterapkan sehingga masyarakat memperoleh pelayanan sesuai dengan harapannya. Pelayanan publik diharapkan tidak menambah beban bagi masyarakat. Seperti  tidak memberikan tambahan biaya, prosedur yang tidak berbelit, waktu penyelesaian yang lebih singkat, atau tidak ada hambatan akses.

Peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan. Peningkatan kualitas layanan ini dapat melalui layanan integrasi dan/atau jemput bola, dan menindaklanjuti program #Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA), serta program tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa/Kelurahan.

Untuk itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, MPd didampingi oleh Camat Buntu Pane Kabupaten Asahan kembali menyerahkan 58 Keping KTP- EL kepada pemula di Desa Sei-Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, Kamis (25/06/2020), di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Asahan.




Dimasa wabah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Kadisdukcapil Asahan Drs. H. Supriyanto, MPd mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan layanan kepengurusan administrasi/dokumen kependudukan melalui via WhatsApp, dan juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menaati Protokol Kesehatan yang telah disampaikan oleh Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Mengakhiri penyampaiannya Drs. H. Supriyanto, MPd mengatakan bahwa dalam memutus wabah pandemi Covid-19 merupakan tugas kita bersama, semoga wabah pandemi Covid-19 sirna dari permukaan bumi, agar aktivitas dapat berjalan seperti biasanya. (Indra Sibarani)

No comments