Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Warga Gambir Baru Asahan, ASN Di RSUD Tengku Mansyur Pemko Tanjung Balai, Positif Covid-19

Asahan | suaraburuhnasional.com - Seorang warga Jalan Dr.FL. Tobing Kelurahan Gambir Baru, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asaha...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Seorang warga Jalan Dr.FL. Tobing Kelurahan Gambir Baru, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan yang berinisial (S) merupakan salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Mansyur Pemerintah Kotamadya (Pemko) Tanjung Balai dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (GTPPP Covid-19) Kabupaten Asahan H. Surya, B.Sc melalui Juru Bicara (Jubir) Tim GTPPP Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si saat melaksanakan press release, Jumat (05/06/2020).

Dalam penjelasannya Jubir GTPPP Covid-19 Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa sebelumnya (S) masuk ke RSUD Tengku Mansyur pada Hari Jumat Tanggal 29 Mei 2020 dengan awal gejalanya demam, sakit kepala hebat dan tubuhnya lemas. Kemudian pada Hari Minggu Tanggal 31 Mei 2020 (S) langsung dirujuk ke RS rujukan Covid-19 yakni RS Martha Friska Medan untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif, dan pada tanggal 03 Juni 2020 berdasarkan hasil Swab (S) dinyatakan positif Covid-19.

H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si juga menerangkan bahwa dari informasi yang diterimanya saat ini Pasien (S) dalam kondisi baik dan menjalani isolasi dan perawatan intensif di RS Martha Friska Medan.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 dilingkungan tempat tinggal pasien (S), Tim GTPPP Covid-19 Kabupaten Asahan melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) dan Tracing terhadap Keluarga pasien (S) atau orang yang melakukan kontak erat dengan pasien (S)," ungkap H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si.

Kemudian H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa sekira pukul 14.00 Wib pada tanggal 04 Juni 2020 telah dilakukan uji rapid test terhadap 14 orang yang melakukan kontak langsung dilingkungan tempat tinggal pasien (S) dan hasilnya 1 (Satu) orang Reaktif dan yang 13 orang lagi Non Reaktif.




Untuk menindaklanjuti pemeriksaan Rapid Test terhadap satu orang yang Reaktif tersebut, dilakukan pemeriksaan lanjutan dan orang tersebut langsung diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manan Simatupang (RSUD H.AMS) Kisaran, dan akan dirujuk ke salah satu RS di Medan," ujar H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si.

Pada penyampaianya H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si juga mengatakan untuk data Covid-19 di Kabupaten Asahan pasien Positif Covid-19 bertambah menjadi 6 orang, dengan pembagian 2 orang masih dirawat, 3 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 2 orang, 1 orang meninggal dunia, untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) tersisa 1 orang.

Akhir penjelasannya H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si berharap agar masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi yang belum jelas, selalu menjaga kebersihan lingkungan, memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak (Sosial Distancing), tetap tenang dan waspada serta mematuhi Protokol Kesehatan. (Indra Sibarani)

No comments