Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Balon Bupati Harus Meminta Ijin Kepada 4 Golongan Adat Marind

Merauke | suaraburuhnasional.com - Kisruh pergantian Ketua DPD Nasdem dari Frederika Gebze kepada Jeffry Tjayadi Putra masih menyisahkan...



Merauke | suaraburuhnasional.com - Kisruh pergantian Ketua DPD Nasdem dari Frederika Gebze kepada Jeffry Tjayadi Putra masih menyisahkan polemik, dan menimbulkan tanggapan dari berbagai pihak, salah seorang yakni Isaias Ndiken salah satu Budayawan Marind, kepada media online suaraburuhnasional.com menyampaikan klarifikasinya, saat mengikuti konferensi pers bersama Pemuda Marind.

Dirinya mengatakan, bahwa dirinya sebenarnya dari awal tidak mengetahui maksud pertemuan itu, sehingga bila ada kata-kata yang tidak manusiawi bentuk respon atas peristiwa ini tanpa menyinggung partai maupun person sehingga ini perlu diluruskan, Senin (13/07/2020).

"Betul saya hadiri pertemuan itu dan memang saya sendiri tidak mengetahui sehingga saya merespon peristiwa tersebut apa adanya dan tidak menyinggung partai politik dan juga personal seseorang, hanya yang saya tekankan Ketua Partai Anak Marind yang sudah lama dalam partai tersebut, berikut yang ingin saya sampaikan bahwa dalam tatanan Adat Marind terutama dalam 4 golongan adat yang mana tidak boleh ada tokoh adat itu mendahului yang lain, namun yang terjadi ada beberapa tokoh juga yang ikut-ikutan menyatakan sikap, hal ini agar tidak terjadi kekacauan di kemudian hari,"ungkapnya.

Isaias Ndiken juga mengatakan, untuk menjadi salah satu kandidat Bupati, anak-anak Marind terlebih dahulu harus tahu tentang diri mereka sendiri, yaitu nasehat dan pesan-pesan dari leluhur dari empat golongan adat yang oleh Isaias Ndiken diistilahkan sebagai partai tua yang sudah lama ada di tanah Marind.

"Jadi buat anak anak maupun adik adik yang mau maju ini setidaknya harus meminta restu dulu kepada empat golongan adat ini, sehingga dalam menyikapi moment politik ini, orang tua adat duduk secara bersama-sama untuk melakukan seleksi anak Marind yang layak maju menjadi seorang bakal calon Bupati Merauke ke depan," pungkasnya. (Gilang)

No comments