Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Di PHK Sepihak, Buruh PT. Lonsum Indonesia Gelar Aksi

Medan | suaraburuhnasional.com - Perlakukan PT. Lonsum Indonesia yang mem PHK sepihak juga upah dan THR nyendat, membuat buruh yang terb...



Medan | suaraburuhnasional.com - Perlakukan PT. Lonsum Indonesia yang mem PHK sepihak juga upah dan THR nyendat, membuat buruh yang terbagung dalam Serikat Pekerja Buruh Indonesia (SERBUNDO) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Tk I Provinsi Sumatera Utara Jalan Imam Bonjol No.5 Medan, Senin (06/07/2020).

Para buruh mengatakan, perusahaan melakukan PHK sepihak terhadap 93 orang buruh harian lepas (BHL). Pemberhentian para BHL yang bekerja di perkebunan di Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Asahan itu tanpa melalui penetapan dari lembaga perselisihan hubungan industrial. Para buruh yang dipecat juga tidak mendapat pesangon yang seharusnya mereka terima sesuai dengan Undang-Undang tentang Ketenagakerjaan.

Dalam aksi unjuk rasa ini, para pekerja buruh menuntut hak mereka yang belum di diberikan oleh PT. Lonsum Indonesia. Adapun tuntutan yang disampaikan oleh para buruh tersebut antara lain, hentikan PHK secara semena mena, hapuskan sistem kerja kontrak dan harian lepas, bayarkan upah sesuai ketentuan UMSK Tahun 2020, bayarkan kekurangan upah dan THR Tahun 2020, tindak tegas pelaku pemberangusan serikat SERBUNDO di PT. Lonsum.

Tepat pukul 10.30 Wib massa dari pekerja buruh tiba di kantor DPRD Tk I Provsu. Lebih kurang 200 orang dari serikat pekerja buruh Indonesia melakukan aksi unjuk rasa pada hari itu.

Robert Aritonang selaku Sekretaris Dewan Pembina Cabang Serikat Pekerja Buruh Indonesia (SERBUNDO) Deli Serdang mengungkapkan, bahwa aksi dan kedatangan kami hari ini ke kantor DPRD Provsu hanya ingin meminta hak kami yang sampai saat ini belom diberikan oleh PT.Lonsum Indonesia.

Ia juga menegaskan akan melakukan aksi yang serupa di kantor Gubernur Sumut dan menanyakan terkait kinerja Kadis Tenaga Kerja setelah aksi dari Gedung DPRD Provsu”,ungkapnya.

Turut mengamankan aksi, 1 SSK personel Sat Brimob Polda Sumut dibawah pimpinan Komandan Kompi 2 Batalyon A Pelopor AKP Muhammad Reza, S.I.K. disiagakan di kantor DPRD Tk.I Provinsi Sumatera Utara. (red)

No comments