Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kerjasama dengan Pemdes Ujung Batu I Dalam Penghijauan Lahan Tidur Milik Kas Desa, PT SRL Salurkan Bantuan Bibit Eucalyptus

Palas | suaraburuhnasional.com - Mendukung program penghijauan lingkungan sekitar perusahaan dan Desa, Management PT. Sumatra Riang Lest...



Palas | suaraburuhnasional.com - Mendukung program penghijauan lingkungan sekitar perusahaan dan Desa, Management PT. Sumatra Riang Lestari (SRL) menyerahkan bantuan bibit Eucalyptus melalui Pemerintah Desa Ujung Batu Kecamatan Hutaraja Tinggi sebagai bentuk dukungan program CD penghijauan wilayah.

PT Sumatera Riang Lestari (SRL), kebun wilayah Kecamatan Hutaraja Tinggi menyerahkan bibit Eucalyptus sebanyak 1.152 pohon kepada Pemerintah Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk ditanam di lahan Kas Desa. Rabu (22/07/2020).

Hadir dalam penyerahan bibit tersebut, dari Management PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) Estate Manager Sujoko, KTU Badiaman Sitanggang, Asisten Plantation Zulfikar, Humas PT. SRL.Tumbur Sitorus.

Selain Kades Ujung Batu I Hasan Basri, juga didampingi Sekdes Edi Junaidi, Kasipem Zulpikiryanto, Kaur Pembangunan Iman Johari, Kesra Khotibul Umam, Ketua Katar Suhada, Wakil Katar Imam Bandas, Ketua Keamanan Desa Yusril Hanapi dan Ir. Aswin Fazri, serta Anggota BPD.

Estate Manager PT. Sumatra Riang Lestari (SRL) Sujoko didampingi KTU PT. Sumatra Riang Lestari Badiaman Sitanggang dan Zulfikar Asisten Plantation. mengatakan kepada awak media bantuan bibit Eucalyptus ke Pemdes Ujung Batu I merupakan suatu wujud nyata melalui CSR sebagai desa binaan di lingkungan perusahaan melalui proposal di bidang pemberdayaan. Untuk tanaman Eucalyptus dengan umur 8 tahun bisa menghasilkan 190 kubik untuk 1 Ha dengan isi 1.667 pohon. Kata Sujoko.

KTU PT. Sumatra Riang Lestari Badiaman Sitanggang menambahkan, atas proposal Kades Ujung Batu I, hari ini kami datang ke desanya untuk menyerahkan bibit Eucalyptus yang dimohon Pemdes Ujung Batu I. Bibit yang sebanyak 1.152 pohon kami serahkan bertahap agar sistim penanamannya mengikuti SOP Perusahaan dan praktek di lapangan kami bawa Asisten Plantation. Tutur KTU PT. SRL.

Selain itu, Asisten Plantation Zulfikar dan Humas PT. SRL Tumbur Sitorus. menjelaskan, jarak tanam ukuran 2 x 3 meter dengan kedalaman lobang 25 centi 25 centi. Kita gunakan pupuk kandang lingkaran piringan bersih dan sebelum umur 1 tahun bisa tanam tumpang sari. Jelas Zulfikar saat penyerahan bibit tanaman pohon eucalyptus kepada pihak pemerintah desa setempat.

Sementara itu, Kepala Desa Ujung Batu I, Hasan Basri mengatakan, terima kasih kepada Management PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) melalui Estate Manager Sujoko memberikan bantuan bibit Eucalyptus untuk ditanam di lahan Kas Desa.

Kemudian Hasan Basri menerangkan, setelah serah terima exs unit Pemukiman Transmigrasi/Desa Transmigrasi dari Kepala Kantor Unit Pemukiman Transmigrasi Ujung Batu I kepada Kepala Desa Ujung Batu I Nomor : BA.12/ST-UPT/XI/1992. Seluas 10 Ha tanah kas desa tersebut milik Pemerintah Desa Ujung Batu I.

Di tahun 2012 Tanah yang lalu, Kas Desa pernah dijadikan event besar "Motor Cross" Piala Bupati Kabupaten Padang Lawas menjadi Agenda Tahunan. Saat ini tanah tersebut sebagian dibangun fasilitas olah raga dengan Dana Desa (DD) tahun 2019 lapangan bola kaki dan lapangan bola volly lebih kurang 2 Ha. Sebut Hasan Basri, selaku kades Ujung Batu I, yang dicintai masyarakatnya, disebabkan banyaknya terobosan dan inovasi desa yang nyata di tengah warganya.

Disamping itu, Ia menuturkan untuk penghijauan dan menahan air agar tidak erosi kita tanami Eucalyptus dibantaran lereng fasilitas olah raga,”tutur Hasan Basri ketika menerima bantuan bibit tersebut di depan kantor desa tersebut.

Dikesempatan yang sama Ketua Keamanan Desa. Yusril Hanapi dan Ir. Aswin Fazri. Mengatakan, perusahaan mendukung kegiatan penghijauan yang dijalankan masyarakat, bibit tanaman tersebut akan ditanam di areal seluas areal tersebut yang berada di lokasi Kas Desa, kata keduanya.

Sekdes Ujung Batu I,  Edi Junaidi dan perangkat desa lainnya juga bersama masyarakat setempat juga menyampaikan, terima kasih atas dukungan dan perhatian perusahaan selama ini yang telah membangun kerja sama dengan baik kepada pemerintah.

Salah satunya melalui program CD penghijauan wilayah yang diberikan kepada Pemdes Ujung Batu I, Untuk di tanam di lahan Kas Desa dalam menunjang penghijauan yang semakin baik dalam kemajuan dan meningkatkan udara yang lebih bersih nantinya. Pungkasnya. (AMH)

No comments