Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Sebelum Adanya Gangguan Teknis Khusus KTP-EL, Disdukcapil Asahan Telah Serahkan 4242 Keping KTP-EL Untuk 5 Kecamatan

Asahan | suaraburuhnasional.com - Pada Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa tujuan Neg...



Asahan | suaraburuhnasional.com - Pada Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa tujuan Negara Republik Indonesia, antara lain adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Amanat tersebut mengandung makna negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui suatu sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya  penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik, dan pelayanan administratif.

Dalam hal tersebut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, MPd saat dikonfirmasi awak media suaraburuhnasional.com mengatakan sebelum dikeluarkannya edaran/pengumuman adanya Gangguan Teknis khususnya KTP-EL tanggal 29 Juni 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) telah mencetak dan menyerahkan sebanyak 4242 keping KTP-EL bagi pemula untuk 5 (Lima) Kecamatan, Kamis (02/07/2020), di Kantor Disdukcapil Kabupaten Asahan.

5 Kecamatan yang menerima KTP-EL tersebut adalah sebagai berikut; (1). Kecamatan Rahuning 211 keping KTP-EL, (2). Kecamatan Aek Ledong 240 keping KTP-EL, (3). Kecamatan Aek Songsongan 114 keping KTP-EL, (4). Kecamatan Air Joman 1812 Keping KTP-EL, (5). Kecamatan Tanjung Balai 1865 keping KTP-EL.

Adapun penyerahan KTP-EL kepada 5 Kecamatan tersebut merupakan khusus bagi pemula/PRR (Print Ready Record) atau (masyarakat yang baru pertama kali melakukan perekaman KTP-EL dan yang baru pertama kali mempunyai KTP-EL).

Peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan. Hal Peningkatan kualitas layanan ini dapat melalui layanan integrasi dan/atau jemput bola, dan menindaklanjuti program #Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA), serta program tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa/Kelurahan.

Untuk itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, MPd meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan dikarenakan adanya Gangguan Teknis khususnya dalam percetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) dan masih dalam proses perbaikan.

Drs. H. Supriyanto, MPd juga menyampaikan agar masyarakat dapat memahami dan memakluminya. Untuk itu Drs. H. Supriyanto, MPd juga berjanji akan segera memperbaiki Gangguan Teknis percetakan KTP-EL tersebut.







Kemudian Drs. H. Supriyanto, MPd juga menegaskan dan menerangkan bahwa untuk pelayanan pencetakan Kartu Keluarga (KK), Akte Lahir, Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Perkawinan (Non Muslim), Akte Perceraian (Non Muslim), Akte Kematian, dan Surat Pindah (Surpin) tetap berjalan seperti biasanya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Disdukcapil Kabupaten Asahan dimasa Wabah Pandemi Covid-19 menghimbau kepada masyarakat bahwa dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 merupakan tugas kita bersama. Dalam kepengurusan dokumen administrasi kependudukan ke Disdukcapil Kabupaten Asahan melalui via WhatsApp (WA) guna memutus mata rantai wabah pandemi Covid-19, dan diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan dapat mematuhi Protokol Kesehatan yang telah disampaikan oleh Pemerintah. Semoga wabah pandemi Covid-19 sirna dari permukaan Bumi, agar aktivitas dapat berjalan seperti biasanya," akhir Drs. H. Supriyanto, MPd. (Indra Sibarani)

No comments