Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Camat dan Kepala Puskesmas Perkuat Koordinasi Tangani Covid-19

Medan | suaraburuhnasional.com - Peningkatan kasus Covid-19 di Medan masih relatif tinggi. Diharapkan pihak kecamatan membentuk gugus tuga...

Medan | suaraburuhnasional.com - Peningkatan kasus Covid-19 di Medan masih relatif tinggi. Diharapkan pihak kecamatan membentuk gugus tugas dan memperkuat koordinasi dengan puskesmas serta unsur Muspika membangkitkan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini mengemuka dalam Rapat Evaluasi Penerapan Wali Kota Medan Nomor 27 Tahun 2020 di Wilayah Kecamatan, Kamis (13/8/2020). Rapat ini berlangsung di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Medan, Gedung PKK Medan, diikuti oleh seluruh camat dan kepala puskesmas se-Kota Medan.

Bertindak pimpinan rapat Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution M.Si diwakili Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, didampingi Kadis Kesehatan, Edwin Effendi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Arjuna Sembiring, dan Kepala Satpol PP Medan, Muhammad Sofyan.

Dalam rapat itu, Renward mengatakan, diperlukan koordinasi dan kerja sama yang sinergis antara camat dan kepala puskesmas sehingga penanganan Covid-19 di seluruh wilayah kecamatan di Medan berjalan dengan baik.

Renward mengatakan, Perwal Nomor 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 ini harus terus diterapkan dan diawasi pelaksanaannya. Perwal yang antara lain mengatur tentang penerapan protokol kesehatan ini, sebut Renward, merupakan upaya nyata yang diharapkan dapat memutuskan penyebaran Covid jika ditetapkan dengan disiplin.

Senada, Kadis Kesehatan Medan, Edwin Effendi, peningkatan kasus Covid di Medan relatif tinggi. Sampai Rabu (12/8) kemarin, jumlah konfirmasi Covid-19 sebanyak 3.073 dan suspek sebanyak 289. Disebutkannya pula, persentase warga positif setelah pemeriksaan sebanyak 18.7 persen. Artinya, dari 100 orang yang periksa, sebanyak hampir 20 positif.

Karena itu, lanjutnya, saat ini sangat diperlukan koordinasi yang baik antara camat dan puskesmas untuk dapat mengajak dan mendorong masyarakat dengan sadar ikut memutus mata rantai penyebaran pandemi ini. “Sederhana saja sesungguhnya. Terapkan dengan disiplin protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumuman,” tegasnya. (PM)

No comments