Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Dihadiri Wali Kota Tebing Tinggi, Kapolres dan Ketua DPRD, KSJ Pusat Santuni Anak Yatim dan Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Sinabung

Tebing Tinggi | suaraburuhnasional.com - Pemberian santunan dari Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ) Pusat kepada anak-anak yatim piatu m...



Tebing Tinggi | suaraburuhnasional.com - Pemberian santunan dari Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ) Pusat kepada anak-anak yatim piatu merupakan kegiatan yang sangat penting, karena menyangkut masalah tanggung jawab kita sebagai ummat manusia terhadap Allah SWT.

Atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi, kami ucapkan terima kasih kepada AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH, bersama Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ) yang telah hadir di Kota Tebing Tinggi dan memberikan motivasi serta contoh pada kami untuk berbuat amal jariyah selagi kita masih hidup di muka bumi.

Sebenarnya, inilah yang penting, kalau ditanya dalam kehidupan kita, seberapa banyak harta kita adalah, seberapa banyak harta yang kita sedekahkan kepada orang lain. Itulah sebenarnya harta kita yang menjadi catatan dan akan dihitung oleh Allah SWT nanti pada saat menghadapnya. Sementara, yang lain hilang dan tanpa catatan, bahkan harus dipertanggung jawabkan. Oleh karena ini merupakan contoh dan tauladan dan rasanya menjadi kewajiban bagi kita untuk mendukung kegiatan ini, terutama di Kota Tebing Tinggi.

Ungkapan tersebut disampaikan Wali Kota Tebing Tinggi, Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM dalam kegiatan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu dan touring peduli warga terdampak erupsi gunung sinabung yang digelar oleh KSJ Pusat di halaman Kantor Wali Kota Tebing Tinggi, Sabtu (22/8/2020).

Hadir pada kegiatan itu, Pendiri sekaligus Pembina KSJ Pusat, AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH Kapolres Batu Bara, AKBP James Hutagaol Kapolres Tebing Tinggi, Ketua DPRD Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution, SH, Penasehat KSJ Tebing Tinggi yang juga Anggota DPRD Tebing Tinggi Muliadi, Ketua KSJ Tebing Tinggi Zulpan, Ketua KSJ Pusat Saharuddin dan undangan lainnya.

Lanjut Wali Kota, kami berjanji akan membesarkan dan akan menjadi bahagian dari gerakan sedekah Jum'at. Karena apa, kita harus ingat kepada mereka anak yatim bukan hanya pada hari tertentu saja, tapi pada seluruh kehidupan waktu yang ada," katanya.

Wali Kota menambahkan, kegiatan yang dilakukan KSJ lebih hebat dan lebih besar daripada Baznas, karena kalau Baznas dilakukan setahun sekali, tapi gerakan KSJ dilaksanakan setiap Jum'at. KSJ digerakkan secara rutin dan tentu saja anak-anak kita yatim/piatu, para fakir miskin, kaum duafa perlu makan setiap hari, perlu kehidupan bukan hanya pada saat mendekati bulan puasa ramadhan saja mereka butuh. Oleh karena itu, gerakan ini tidak perlu lagi menunggu Bantuan Sosial Tunai (BST) atau paket sembako, tapi ini merupakan bantuan swadaya masyarakat untuk kalangan tidak mampu yang tentu ini akan dihitung oleh Allah SWT," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Wali Kota, menjelaskan, jumlah anak yatim di Kota Tebing Tinggi sebanyak 1500 orang sembari berharap kepada KSJ Tebing Tinggi, agar membantu anak-anak yatim. Seluruh anak-anak yatim ini mendapat bantuan BPJS Kesehatan. Tidak ada yang tidak mendapat BPJS Kesehatan," ujarnya. Ini merupakan komitmen dan janji kami, begitu juga terhadap duafa, bukara wal masakin, mereka mendapat BPJS Kesehatan. Apabila terlewatkan, maka yang masuk ke Rumah Sakit (RS) menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota awalnya, kemudian BPJS nya kita urus kembali," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan Wali Kota, mengenai pendidikan, kami juga mengutamakan memberikan beasiswa kepada anak-anak dari keluarga yatim piatu dan keluarga bukara wal masakin, karena mereka ini adalah tanggung jawab kita. Artinya tanggung jawab dalam hal kebutuhan naturalnya, kesehatannya dan pendidikannya. Untuk itu, Pemko Tebing Tinggi menyatakan hal yang sama, tidak terhadap ummat islam, namun bagi ummat nasrani juga sama. Ini kita perlakukan sama artinya, mereka yang ditinggal mati kedua orang tuanya tetap menjadi tanggung jawab kita untuk kehidupannya, kesehatannya dan pendidikannya.

Oleh karena itu, kalau kita semua bergerak bersama seperti apa yang dilakukan oleh pak Ikhwan, Insya Allah baldatun thoyyibatun warabbun gafur, gemah rifah loh jinawi pasti terwujud dan saya yakin kalau ini dilakukan secara ikhlas, badai Covid-19 akan cepat enyah dari Republik kita ini. Inilah yang menjadi bagian luar biasa dan saya yakin kalau pak Ikhwan melakukan ini bukan karena ingin mencalonkan diri menjadi kepala daerah. Saya kenal dan bersahabat dengan pak Ikhwan sudah puluhan tahun. Apa yang dilakukannya karena ikhlas lillahita'ala dan nawaitunya benar untuk mewujudkan satu generasi yang baik ke depan, berkualitas serta mengabdi kepada Allah SWT.

Inilah yang kami sampaikan, apalagi KSJ ini tidak berafiliasi dengan partai politik manapun, tidak ada motivasi apapun, karena bagi kita Politik adalah Politik menyelamatkan anak-anak yatim piatu, fakir miskin, Politik agar bagaimana pendidikan mereka menjadi lebih berkualitas, karena mereka bakal menggantikan kita," tegas Wali Kota mengakhiri sambutannya sekaligus melepas keberangkatan KSJ dan Komunitas NMAX ke Berastagi, Kabanjahe untuk memberikan paket bantuan kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Sinabung baru-baru ini.

Sebelumnya, Kapolres Batu Bara selaku Ketua Badan Pendiri dan Badan Pembina KSJ Pusat, AKBP H. Ikhwan Lubis, SH, MH menyampaikan, kegiatan KSJ Pusat dalam rangka membawa bantuan sosial touring ke Tanah Karo akibat erupsi Gunung Sinabung beberapa waktu yang lalu. Ini adalah misi kemanusiaan yang patut kita dukung bersama, karena kehidupan masyarakat kita di Tanah Karo saat ini memang lagi kesulitan.

Kegiatan ini juga berkat kepedulian kita semua, khususnya dimotori oleh Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, Kapolres, Ketua DPRD beserta KSJ Pusat serta KSJ Tebing Tinggi dan ada juga KSJ di Pematang Siantar," jelasnya sembari mengatakan, bantuan berupa beras sebanyak 100 karung berikut 50 mie instant.

AKBP. Ikhwan Lubis juga menjelaskan, KSJ berdiri setahun yang lalu sejak saya menjabat Kapolres Belawan dan sudah berkembang di 12 Kabupaten/Kota. Hari ini akan dikukuhkan KSJ Tanah Karo. Jadi sudah 13 Kabupaten/Kota dan 42 Kecamatan se-Sumatera Utara. Mudah-mudahan di Kota Tebing Tinggi ada KSJ di setiap Kecamatan dan daerah, karena target kita sampai ke Desa-desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota sampai ke pusat Jakarta," katanya.

Ditambahkan AKBP Ikhwan Lubis, kegiatan KSJ merupakan gerakan amal kemanusiaan. Kita KSJ bersama masyarakat dan para donatur secara rutin membantu kaum duafa dan anak-anak yatim. Dari banyaknya orang yang membantu kami di KSJ, sehingga KSJ semakin besar sampai sekarang," terangnya.

AKBP Ikhwan Lubis pada kesempatan tersebut juga mengatakan, bantuan yang sama juga akan dilakukan kepada saudara-saudara nasrani supaya ada keseimbangan serta tidak ada rasa pilih kasih dan begitu pula hendaknya di Kota Tebing Tinggi nantinya dilakukan hal yang sama, ada Jum'at, ada juga Minggu," ucapnya.







Selain itu, AKBP Ikhwan Lubis juga menyampaikan, seiring banyaknya dukungan kepada KSJ, perusahaan Inalum membantu kami hampir satu milyar memberi paket sembako sebanyak 2200 paket. Bantuan ini dilakukan dari potongan gaji Karyawan Inalum sebanyak 1500 orang. Bahkan tiap Dinas dan Anggota DPRD potong gaji, makanya kita bisa sekali sedekah sebanyak dua hingga tiga tonton beras dan paket sembako," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tebing Tinggi, Basyaruddin Nasution, SH mengatakan, saya bersemangat hadir di acara ini karena merasa jumpakan Allah SWT dengan orang-orang pilihan. Orang-orang yang berkomitmen memiliki rasa sosial yang tinggi, karena berurusan dengan sedekah. Kenapa saya merasa sangat penting hadir, karena saya anggap orang-orang yang hadir disini adalah orang-orang pilihan. Seperti kata ustadz, orang-orang yang sudah meninggal saja ingin dihidupkan kembali karena ingin bersedekah," sebutnya.

Bagi saya, sambung Basyaruddin, sedekah merupakan pekerjaan paling berat, karena memberi apa yang kita punya, namun demikian yang paling penting kita juga harus memenejemen hati," pintanya sembari menyampaikan komitmen akan berpartisipasi dan akan  ikut serta membesarkan KSJ di Kota Tebing Tinggi. Tolong sampaikan salam kami kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Sinabung," pesan Basyaruddin. (Alfian Haris)

No comments