Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Hadiri Panen Raya Jagung, Bupati Apresiasi Kompak Madina Manfaatkan Lahan Tidur

Madina | suaraburuhnasional.com - Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs Dahlan Hasan Nasution mengapresiasi program yang dilakukan Koalis...



Madina | suaraburuhnasional.com - Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs Dahlan Hasan Nasution mengapresiasi program yang dilakukan Koalisi Pergerakan Mahasiswa (Kompak) Madina yang memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian. Hal tersebut disampaikan Dahlan Hasan saat menghadiri panen raya jagung yang dikelola Kompak Madina, Minggu (2/8/2020) di Pinago Desa Pidoli Lombang, Kecamatan Panyabungan.

Hadir pada panen raya tersebut, Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution, Pembina Kompak Madina Aswin Parinduri, Wakil Ketua DPRD Madina Erwin, Anggota DPRD Madina Sobir Lubis, Kadis Pertanian Siar, Kadispora Rahmad Hidayat, Ketua Kompak Madina Taufik Pulungan dan pengurus. "Sangat menyambut baik program atau inisiasi mahasiswa kompak ini, yang memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian pada saat pedemi Covid-19 ini,"ucap Dahlan Hasan Nasution.

Kegiatan mahasiswa ini sangat kita syukuri memanfaatkan lahan kosong ini akan bisa menopang ketahanan pangan di masa pedemi Corona ini. "Dimasa pedemi Corona seperti ini kita sangat bersyukur dan mengapresiasi mahasiswa ini, karena masih mau melakukan seperti ini yaitu bertani,"ujarnya.

Tentunya kata dahlan, kegiatan seperti ini akan menjadi pendorong bagi masyarakat. Dan saya berkeyakinan kegiatan ini akan di contoh oleh masyarakat, apalahi tadi kita lihat panen jagung tadi begitu bagus. Selain jagung, Insa Allah akan kita baut kebun percontohan termasuk buah-buahan dan sayur mayur sehingga kita di Madina ini tidak lagi mendatangkan dari luar daerah,"jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Dahlan Hasan menghimbau masyarakat petani agar bersemangat bertani dan mencontoh yang telah dibuat mahasiswa tersebut. "Kita berharap masyarakat Madina produktiflah jangan seperti selama ini menjadi masyarakat konsumen,"ucapnya.

Ketua Dewan Pembina Kompak Madina Aswin Parinduri menyampaikan, di tengah pendemi Covid-19, alhamdulillah mahasiswa yang tergabung dalam Kompak dengan arahan dan bimbingan kita mereka mau memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan pertanian.



Setelah melihat hasil panen jagung ini, adek adek mahasiswa Kompak makin semangat untuk memperluas kebun jagung ini, sebagai pembina Kompak kita siap mendukungnnya,"ucap Aswin. Kita berharap adek mahasiswa ini bisa menggalakkannya di daerah masing-masing, karena untuk ketahan ekonomi kita tidak terlepas dari pertanian,"harapnya.

Sementara Ketua Kompak Madina Taufik Pulungan mengatakan, pemanfaatan lahan kosong ini menjadi lahan pertanian atas dukungan Pemerintah Kabupaten Madina. Dari hasil panen perdana  ini Insa Allah kami perkirakan menghasil 4-5 ton jagung yang berada di atas lahan kurang lebih 2 hektar,"jelasnya.

Motivasi saya kepada generasi muda dan kawan-kawan petani, mahasiswa selaku agen perubahan diharapkan mampu sebagai lokomotif perubahan bagi kawan-kawan, bagimana Madina dikenal kesuburan tanahnya marilah kita manfaatkan lahan-lahan yang kosong dan jangan pernah jijik dengan petani,"tegasnya. (Mn)

No comments