Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Wakil Bupati Pelalawan Hadiri Kegiatan Penandatanganan MoU Program Kampung Iklim Dengan PT. Pertamina Hulu Energi Kampar

Pelalawan | suaraburuhnasional.com - Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, MM bersama Ketua DPRD Kabupeten Pelalawan Adi Sukemi, ST...



Pelalawan | suaraburuhnasional.com - Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, MM bersama Ketua DPRD Kabupeten Pelalawan Adi Sukemi, ST.MM menghadiri penandatanganan MOU Program Kampung Iklim (PROKLIM) IJO bertempat di Desa Pematang Tinggi, Kecamatan Kerumutan, Rabu (12/08/2020).

Proklim IJO ini terbentuk atas kerja sama antara Pemerintah Desa Pematang Tinggi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Pelalawan dan PT. Pertamina Hulu Energi (PHE) Kampar. Untuk Proklim ini jenis tanaman yang ditanami adalah tanaman sayur-sayuran, tanaman obat-obatan herbal, serta tanaman pepohonan.

Wakil Bupati Pelalawan Drs. Zardewan, MM dalam sambutannya berharap agar program kampung iklim ini bisa tercipta di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Pelalawan, sehingga  negeri Pelalawan tampak hebih asri. Dan semoga dengan adanya kampung iklim menjadikan masyarakat Pelalawan khususnya masyarakat Desa Pematang Tinggi menjadi lebih sehat dan panjang umur.

Kepala Desa Pematang Tinggi Andi Agus Susiawan, ST dalam sambutannya mengatakan,“melalui Program Kampung Iklim secara nasional yang ditaja oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, kami bertekad untuk ikut dalam program tersebut dengan harapan minimal bisa masuk nominasi.

“Untuk itu terimakasih banyak kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan yang telah memberikan pembinaan kepada kami dan ini juga tidak lepas dari kerja sama bersama PT. PHE Kampar,”ujarnya.

Andi juga menambahkan bahwa, “Di tahun-tahun sebelumnya sampai saat ini kami sudah membuat kampung iklim di Desa Pematang Tinggi ini dengan menginstruksikan kepada setiap warga setingkat RT untuk membuat Dasawisma dan ditanami tanaman sayuran dan obat-obatan. Berkat kekompakan masyarakat, kami berinisiatif untuk lebih mengembangkan poklim ini dengan dibantu oleh pihak terkait.

Selanjutnya Manager PT. PHE Kurniawan Trio Widodo dalam sambutannya mengatakan,“terbentuknya Kampung Proklim Ijo ini selain untuk mendukung program dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI adalah untuk mencegah dampak rumah kaca dan menjaga kelestarian lingkungan desa dengan penghijauan agar warga aman dari segala penyakit. Semoga kedepannya proklim Desa Pematang Tinggi ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain agar dapat membuat program kampung iklim dan kami siap mensupport.

Sementara itu Adi Sukemi, ST, MM dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya kepada Desa Pematang Tinggi. “Kami bangga terhadap Desa Pematang Tinggi, desanya produktif. Terimakasih kepada PT. PHE Kampar yang ikut andil dalam mensupport program kampung iklim di daerah Pelalawan terutama di Kecamatan Kerumutan ini. Mudah-mudahan desa kita bisa bersaing dengan desa-desa dari daerah lainnya,”ungkapnya.











Di akhir acara Wakil Bupati Pelalawan bersama rombongan berkunjung ke lokasi kampung iklim dan melakukan penanam pohon serta melakukan penandatangan MOU Program Kampung Iklim (Proklim) IJO bersama pihak-pihak terkait.

Turut hadir dalam acara ini, ketua komisi I DPRD kabupaten Pelalawan Imustiar, S.IP, Staf Ahli Bupati Pelalawan Amri Fuad, Kepala Balitbang Ir. Arizal, Kepala Satpolpp dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pelalawan Abu Bakar, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Nifto Anin, Kepala Dinas PMD Drs. Zamur, Perwakilan Dinas Sosial, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Camat Kerumutan Husnizal, SE, M.Si, Kapolsek Kerumutan Iptu Fajri Sentosa, SH.MH, Danramil Kerumutan Kapten Arh. Aswin Sembiring, Kepala Puskesmas Kerumutan Harno, SKM, tim PT. PHE Kampar, kepala desa, Lurah Kerumutan Olivia Maya, SE serta tokoh masyarakat dan PKK Desa Pematang Tinggi. (Octa)

No comments