Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Desa Pabatu I Kecamatan Dolok Merawan Adakan Pelatihan Komputer

Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com - Kegiatan hari ini yaitu, pelatihan komputer yang dilaksanakan melalui Dana Desa Pabatu I Tahun An...




Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com - Kegiatan hari ini yaitu, pelatihan komputer yang dilaksanakan melalui Dana Desa Pabatu I Tahun Anggaran 2020. Peserta pelatihan komputer ini kita adakan khusus bagi anak-anak dari masyarakat yang masih duduk di Sekolah Tingkat Pertama (SMP). Yang jelas, pelatihan komputer ini untuk tekhnik dasar pengenalan komputerisasi bagi anak-anak.

Kegiatan pelatihan komputer ini diikuti 10 orang peserta dan berlangsung selama 14 hari dengan tujuan untuk memajukan anak-anak yang tinggal di Desa, karena kalau untuk mengikuti les komputer harus ke Kota Tebing Tinggi yang jaraknya cukup jauh. Jadi paling tidak Desa mengadakan pelatihan seperti ini untuk mengenalkan dasar-dasar dan menjalankan komputer serta teknik dasar di pendidikan mereka, karena kita tahu sekarang mulai tingkat SMP ke depannya akan mengikuti ujian dengan melakukan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jadi inilah pengenalan komputer untuk anak-anak kelas 1 dan kelas 2 SMP. 

Ungkapan tersebut disampaikan Surya Sugiran selaku Kepala Desa Pabatu I Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) kepada awak media ini saat meninjau anak-anak yang sedang belajar komputer di ruangan kantor Desa, Selasa (22/9/2020). 

Ditambahkan Surya, kalau dari Dana Desa (DD) sendiri di Tahun 2020, pelatihan komputer baru ini dilaksanakan, namun sebelumnya pada Tahun 2018 juga sudah pernah dilaksanakan. Jadi baru dua kali pelatihan komputer ini diadakan," jelasnya. 

Sugiran juga menjelaskan bahwa, guru pembimbing maupun perangkat komputer yang diadakan untuk pelatihan berasal dari lembaga pendidikan dan pelatihan komputer Mentari dari Kota Tebing Tinggi dan sistem perangkat komputer yang dipakai untuk pelatihan ini sifatnya sewa atau kontrak selama 14 Hari," jelasnya lagi. "Kalau ada Dana Desa masih mencukupi, lanjut Surya, mungkin untuk tingkat selanjutnya akan kita adakan kembali, sehingga anak-anak bisa lanjut terus mengikuti pelatihan komputer," ungkapnya. 

Lebih lanjut disampaikan Surya, walaupun pelatihan ini singkat, kepada anak-anak agar mengikuti pelatihan komputer ini dengan sungguh-sunguh, karena semuanya sifatnya gratis dibiayai oleh Desa dan pelatihan ini memang sifatnya dasar, paling tidak mereka bisa menguasai. Jadi kalau mereka sudah mampu membeli laptop sendiri, mereka sudah bisa mengoperasionalkan dan tidak tertinggal dari anak-anak yang berada di kota," tuturnya. 




Surya menambahkan, selain untuk penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sudah kita laksanakan, kegiatan lainnya juga sudah kita adakan, seperti salon kecantikan, kerajinan tangan, tata boga dan saat ini pelatihan komputer," terangnya.

"Untuk dana BLT Desa Pabatu I tahap kelima sudah disalurkan kepada 83 Kepala Keluarga (KK) sebesar Rp 300.000/KK pada tanggal (19/9) dan dari tahap awal hingga saat ini penerima BLT masih tetap," ujarnya. 

Terkait saat ini jaman internet, saya berharap seperti apa yang pernah saya sampaikan kepada masyarakat pada saat musrenbang maupun pada saat penutupan pelatihan-pelatihan bahwa, saat ini sekolah sifatnya menggunakan sistem dalam jaringan (daring) melalui komputer, jadi bagi masyarakat yang tidak sanggup membeli paket atau memang kurang mampu, anak-anaknya boleh menggunakan WiFi yang ada di Desa, namun sifatnya pada saat jam kantor, yaitu pagi hingga sore," ucap Surya. (Alfian Haris)

No comments