Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kasus Pembunuhan Hakim PN Medan : Semua yang Terlibat Dihukum Mati

Medan | suaraburuhnasional.com - Setelah vonis mati Zuraida Hanum (41), istri sekaligus dalang pembunuhan atas suaminya, Jamaludin (55) diku...




Medan | suaraburuhnasional.com - Setelah vonis mati Zuraida Hanum (41), istri sekaligus dalang pembunuhan atas suaminya, Jamaludin (55) dikukuhkan di Pengadilan Tinggi (PT) Medan, kini dua eksekutor lainnya pun ditetapkan bersalah dan diperberat hukumannya oleh PT menjadi pidana mati. 

Dua eksekutor itu adalah M. Jefri Pratama dan M. Reza Fahlefi yang keduanya adalah abang-beradik. Masing-masing dari mereka sebelumnya divonis Pengadilan Negeri (PN) seumur hidup untuk Jefri, dan hukuman 20 tahun penjara untuk Reza. 

Namun, setelah naik banding, putusan itu diubah PT menjadi masing-masing hukuman mati. Keduanya dinyatakan terbukti bersalah atas perbuatannya yang melakukan ‘pembunuhan berencana yang dilakukan secara bersama-sama’ sebagaimana dakwaan penuntut umum dengan pasal 340 KUHP. Putusan itu dibacakan oleh majelis hakim tinggi yang dipimpin oleh Ronius dengan anggota Purwono Edi Santoso dan Krosbin Lumban Gaol. 

Berdasarkan fakta persidangan dan segala fakta yang terungkap beserta tindak-tanduk para pelaku pun asmara yang terjadi antara pelaku dan dalangnya, Majelis menilai perbuatan yang dilakukan Jefri dan Reza sangat biadab. Putusan ini perlu dibacakan agar memberi efek jera sekaligus sebagai peringatan terhadap orang-orang di luar sana untuk tidak melakukan perbuatan yang sama. “Dimohon agar terdakwa segera diserahkan untuk ditahan,” tutup Hakim pada Senin (21/09/2020) di ruang sidang Pengadilan Tinggi Medan. 

Sementara itu, penuntut umum menunggu langkah hukum selanjutnya yang kemungkinan ditempuh oleh para terpidana itu. “Apakah melakukan kasasi atau tidak, kita masih menunggu,” kata Kasi Pidana Umum Kejari Medan, Mirza. (Rio)

No comments