Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

KPU Merauke Laksanakan Pleno Penetapan DPS, Terjadi Pengurangan Pemilih

Merauke | suaraburuhnasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Merauke melaksanakan rapat Pleno terkait rekapitulasi daftar pe...



Merauke | suaraburuhnasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Merauke melaksanakan rapat Pleno terkait rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran tingkat Kabupaten untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), Senin (14/09/2020).

Bertempat di Swiss-Bel Hotel, rapat pleno ini dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Merauke, sejumlah perwakilan partai politik dan para tim dari empat bakal pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada Kabupaten Merauke.

Dalam sesi wawancara dengan awak media, komisioner KPU Merauke, Frans Papilaya menjelaskan bahwa pada tahun ini terjadi pengurangan daftar pemilih. Hal ini menurutnya terjadi  karena beberapa faktor. "Daftar pemilih kita pada tahun kemarin berjumlah 148.526. sedangkan pada hari ini kita plenokan, yang ditetepkan sebagai daftar pemilih sementara, totalnya 130.224," ucapnya.




"Ini artinya ada perubahan dan ada penurunan. Penurunan ini terjadi karena banyak yang tidak memenuhi syarat, dimana kategori tidak menenuhi syarat diantaranya, adanya data ganda dibawah umur, meninggal dan teman-teman kita PPD pada saat coklit tidak menemukan keberadaannya sesuai alamat dan warga masyarakat yang ber KTP Merauke banyak yang sudah tidak berada di tempat atau sudah pulang kampung," demikian tutupnya.

Untuk masalah berkurang atau bertambah nanti, yang jelasnya setelah pleno DPS ini, KPU akan menurunkan tim PPD untuk dilanjutkan kepada PPS agar kemudian uji publik. Uji publik ini dilakukan selama 5 hari mulai dari tanggal 14 September sampai dengan tanggal 19 September 2020. (Nasrun Labata/Hidayat Baadilla)

No comments