Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

KPU Tetapkan Siapa Melawan Siapa di Pilkada Medan

Medan | suaraburuhnasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan baru saja menetapkan dua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung...




Medan | suaraburuhnasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan baru saja menetapkan dua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan periode 2020-2025. Dua paslon itu adalah Bobby Nasution, yang didampingi Aulia Rachman, bertarung melawan Akhyar Nasution, didampingi Salman Alfarisi. 

“Pasangan calon tersebut ditetapkan setelah KPU Kota Medan melakukan verifikasi dokumen pendaftaran masing-masing calon,” kata Ketua KPU Medan, Agussyah Damanik dalam konferensi pers yang digelar di Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan (23/09/2020). 

Sebelumnya, proses pleno dan pemeriksaan dokumen pendaftaran paslon dilakukan tertutup demi mencegah kerumunan massa. Sama halnya seperti penetapan paslon pada hari ini. Paslon sengaja tidak diundang dan rapat penetapan dilakukan secara daring. 

Selain siaran langsung dari Facebook, KPU Kota Medan juga mengundang rekan-rekan pers melalui pertemuan daring. Begitulah yang tertera dalam halaman Facebook resmi KPU Kota Medan. 

Tahapan selanjutnya, kata Agus, KPU akan melakukan pengundian dan penetapan nomor urut, kemudian diikuti penandatanganan pakta integritas penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 dari masing-masing calon. Tahapan ini akan berlangsung secara terbuka dengan mengundang para paslon. “Dilakukan oleh pasangan calon di Hotel Santika Dyandra, pada Kamis, 24 September (besok),” sambung Agus. 

Turut disampaikan Agus kepada awak media, untuk tahapan besok KPU Medan memfasilitasi siaran langsung melalui halaman resmi Facebook KPU Kota Medan dan Instagram dengan nama akun @kpukota_medan agar meminimkan jumlah kerumunan di Hotel Santika. "Pemanfaatan teknologi informasi dilakukan agar masyarakat pendukung maupun simpatisan Pasangan Calon dapat menyaksikannya di tempat masing-masing tanpa harus berkerumun,” tutupnya. 

Seperti yang diketahui, Bobby Nasution beserta wakilnya Aulia Rachman diusung oleh delapan partai politik. Menantu Jokowi dan Ketua Komisi II DPRD Medan (F-Gerindra) itu mendapat rekomendasi dari PDIP, Gerindra, PAN, Golkar, Nasdem, Hanura, PSI, dan PPP. 

Sedangkan lawannya, yang juga bermarga Nasution dengan status petahana, Akhyar beserta wakilnya Salman Alfarisi yang merupakan Wakil Ketua DPRD dari PKS diusung oleh dua partai politik di DPRD Medan, yakni PKS dan Demokrat. (Rio)

No comments