Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kunker Kepala Dinas UPT KPH Wilayah-1 Stabat Ke Desa Halaban, Dalam Rangka Pembinaan Kelompok Tani Mangrove

Langkat | suaraburuhnasional.com - Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, melalui Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah-1 Stabat, ...




Langkat | suaraburuhnasional.com - Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, melalui Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah-1 Stabat, Ir Puji Hartono, Msi diwakili Ka Seksi Perlindungan Hutan, Ir Ramlan Sakban dan rombongan tiba di kantor Desa Halaban Kecamatan Besitang dan disambut dengan baik oleh Kepala Desa Halaban Tamaruddin, S.Ag.

Adapun yang menjadi agenda dalam kunjungan kerja Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, melalui UPT KPH Wilayah-1 Stabat tersebut adalah melakukan penyuluhan serta pembinaan kepada dua Kelompok Tani Mangrove yang ada di Desa Halaban.

Informasi dihimpun awak media ini, Senin, 21 September 2020, seusai pertemuan di ruang kerja Kepala Desa Tamaruddin, S.Ag, rombongan dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara melalui Kepala Dinas UPT KPH Wilayah-1 Stabat, langsung ke lokasi lahan Mangrove yang dikelola oleh dua Kelompok Tani Mangrove Bakau Lestari dan Kelompok Tani Halaban Jaya dengan menggunakan perahu motor.

Ka Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Hutan Ir Ramlan Sakban mengatakan dalam arahannya kepada warga kelompok tani untuk tetap melestarikan hutan Mangrove, dengan penghijauan dan tidak menebang hutan Mangrove ini, harus ada aturan- aturan untuk menebang dari Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir, kelompok tani Mangrove, kalau ekonomi terangkat naik, maka otomatis masyarakat nelayan akan makmur dan sejahtera dari hasil laut seperti ikan, udang, kepiting, karena hutan Mangrove tempat bersarangnya juga bertelurnya biota-biota laut. Terangnya.

Ramlan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara berharap kepada warga ke dua Kelompok Tani Mangrove Desa Halaban bisa mengerti juga memahami program pemerintah untuk melestarikan kawasan hutan yang mana diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor : P 83/LHK/Sekjen/Kum 1/10/2016 tentang Kehutanan Sosial.

Wadah ini untuk mengatasi solusi bahwa kawasan hutan ini sudah banyak terderdekasi. Kami berharap Pemerintah Desa harus membuat Peraturan Desa (Perdes) dengan mewajibkan warga untuk menanam minimal 10 pohon setiap keluarga di lingkungannya,”harapnya.

Sementara itu, Kades Halaban,Tamaruddin.S.Ag mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara melalui Kepala UPT KPH Wilayah-1 Stabat atas kunjungan kerjanya ke desa kami, dan melakukan penyuluhan pembinaan kepada masyarakat kami pesisir Kelompok Tani Mangrove Bakau Lestari dan Kelompok Tani Halaban Jaya kami yang terletak di Dusun 2 Paluh Pasir dengan memberikan bimbingan, arahan dan motivasi kepada warga Kelompok Tani Mangrove betapa pentingnya pelestarian hutan dan pemanfaatannya. Ujarnya.

Lanjut Kades,kami dari Pemerintah Desa Halaban, meminta kepada Dinas kehutanan Provinsi Sumatera Utara agar rutinitas,membina dan membimbing kelompok tani kami, terus dilakukan dalam hal Pelestariannya di desa kami. Pintanya.






Di sisi lain, Ketua Kelompok Tani Mangrove Bakau Lestari dan Kelompok Tani Penghijauan Mangrove Halaban Jaya, Jhonson Malau, mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara Ir. Herianto, Msi melalui Kepala UPT KPH Wilayah-1.Stabat Kabupaten Langkat Ir. Puji Hartono, Msi yang telah mengadakan penyuluhan, pembinaan, bimbingan, dan apa yang disampaikan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara bisa sebagai motivasi, dan menambah wawasan bagi kami tetantang betapa pentingnya pelestarian dan pemanfaatan hutan Mangrove untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat pesisir menjadi makmur dan sejahtera. Ucapnya.

Dalam acara penyuluhan pembinaan itu turut dihadiri, Kepala Desa Halaban Tamaruddin, S.Ag dan Staf Perangkat Desa, Kepala Dinas UPT KPH Wilayah-1 Stabat Ir Puji Hartono, Msi melalui Ka Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Hutan Ir Ramlan, beserta Staf, Ketua Kelo Tani Mangrove Bakau Lestari Jhonson Malau, Bendahara Poktan Marianto, beserta pengurus dan anggota. (Jhonson Malau)

No comments