Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Letak Georafis Tantangan Berat Petugas Sensus Penduduk 2020 di Mappi

Mappi | suaraburuhnasional.com - Petugas Sensus Penduduk 2020 di Distrik Kaibar melakukan pendataan dibeberapa titik di Distrik Kaibar, Kabu...



Mappi | suaraburuhnasional.com - Petugas Sensus Penduduk 2020 di Distrik Kaibar melakukan pendataan dibeberapa titik di Distrik Kaibar, Kabupaten Mappi. Saat bertugas dibekali APD sesuai SOP sensus penduduk tatap muka dan wawancara. Semua petugas di Rapid Test di Puskesmas Amazu saat akan melakukan kegiatan sensus penduduk di Distrik Kaibar. 

Petugas berjumlah 6 orang dan 1 koordinator sensus kecamatan. Ada 7 Kampung yaitu Kampung Yemu RT 01 dan RT 02, Kampung Imembi RT 01 dan RT 02, Kampung Amazu RT 01 dan RT 02, Kampung Benerbis RT 01, Kampung Tayau RT 01, RT 02 dan RT 03, Kampung Tiau RT 01, RT 02, dan RT 03 dan Kampung Fomu RT 01 dan RT 02.

Masyarakat di Distrik Kaibar sangat antusias menerima petugas sensus penduduk 2020 sehingga kegiatan sensus berjalan baik. Adi Suyanto petugas sensus penduduk Distrik Kaibar saat di wawancarai, Kamis (17/09/2020) menyampaikan, tantangan dalam sensus penduduk ini adalah kondisi alam letak geografis yg ada di Distrik Kaibar cukup sulit.

Karena, harus mengggunakan transportasi air speed boat menuju satu kampung ke kampung yang lain. "Pemahaman masyarakat masih kurang terkait informasi sensus penduduk untuk itu sebelum kami melakukan sensus penduduk sering kami memberikan pemahaman arti penting sensus penduduk kepada masyarakat, kelengkapan data adminstrasi kependudukan juga rata-rata masyarakat belum memiliki," katanya.






Tantangan beratnya ketika saat melakukan sensus penduduk di kampung ada konflik antar masyarakat tetapi setelah dimediasi menjadi aman tidak mengganggu aktifitas sensus penduduk bahkan masyarakat sangat mendukung. 

Jaringan komunikasi telepon atau internet belum memadai sehingga informasi pentingnya sensus penduduk 2020 belum sampai ke masyarakat di kampung-kampung khususnya di Distrik Kaibar. Adi Suyanto juga berharap kepada pemerintah agar setelah sensus penduduk dilakukan di Kabupaten Mappi menjadi 1 data kependudukan guna percepatan perencanaan pembangunan di berbagai bidang. (Hidayat Baadilla/Irwan)

No comments