Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Masyarakat Kelurahan Tualang Ikuti Pelatihan Membatik Lanjutan TA 2020

Tebing Tinggi | suaraburuhnasional.com - Masyarakat Kelurahan Tualang Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi, Selasa (8/9/2020) mendap...



Tebing Tinggi | suaraburuhnasional.com - Masyarakat Kelurahan Tualang Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi, Selasa (8/9/2020) mendapatkan pelatihan sekaligus pelajaran yang amat berharga dan berguna dalam hal keterampilan membatik. Pelatihan keterampilan membatik yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu, pada Hari Selasa, Rabu dan Kamis di Aula Kantor Lurah Tualang diikuti sekitar 30 orang, terdiri dari Ibu-ibu rumah tangga, Ibu-ibu PKK dan Kepala Lingkungan.

Kegiatan keterampilan membatik ini dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan membatik lanjutan yang pernah dilaksanakan pada Tahun 2019. Saat ini kegiatan membatik dilanjutkan kembali untuk lebih memperdalam ilmu lagi agar peserta pelatihan lebih terampil. Kegiatan membatik melalui program pemberdayaan masyarakat ini menggunakan anggaran Tahun 2020 untuk pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Tualang.

Ungkapan tersebut disampaikan Lurah Tualang, Khairul Amri, S.H kepada awak media ini saat memantau kegiatan para peserta pelatihan keterampilan membatik. Dijelaskan Khairul Amri, peserta pelatihan membatik semuanya warga kelurahan Tualang dari lingkungan I sampai lingkungan VI. Peserta yang pada tahun lalu ikut pelatihan, saat ini kita ikutkan kembali," ungkapnya.

Untuk tujuan membatik ini sendiri, lanjut Khairul, agar masyarakat benar-benar memahami cara membatik. Setelah dipahami, ke depannya bisa menjadi motivasi dan dikembangkan untuk membantu perekonomian mereka," sebutnya.

Khairul Amri menambahkan, untuk Kelurahan Tualang, ada ciri khas tersendiri dalam pembuatan batik, yaitu dengan menggambar atau kita buatkan lambang Tualang. Tualang ini berasal dari kata Tua atau pohon besar. Jadi kedepannya bisa diorbitkan melalui pameran-pameran yang ada di Kota Tebing Tinggi atau ditampung di dalam Usaha Kecil Menengah (UKM)," sebutnya.





Dengan adanya kegiatan pelatihan membatik ini, Khairul berharap, agar para peserta yang ikut pelatihan membatik tidak menyia-nyiakan ilmu yang sudah didapatkan. Untuk Pemerintah Kota Tebing Tinggi, saya juga berharap supaya dana untuk pelatihan kepada masyarakat, khususnya Kelurahan Tualang tetap ada," harapnya.

Lebih lanjut disampaikan Khairul Amri, pada kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah yang telah memberikan bantuan dana untuk pemberdayaan masyarakat Kelurahan Tualang," katanya.

Sebelumnya, kegiatan pelatihan membatik tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Padang Hulu, H. Deni Handika Siregar, SE, M.Si, dan dihadiri Danramil 13, Kaf. Budiono, Kapolsek dan Putra selaku narasumber sekaligus pelatih membatik. (Alfian Haris)

No comments