Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Wali Kota Irsan Kunjungi Warga Korban Banjir Sidimpuan Tenggara

Padang Sidempuan | suaraburuhnasional.com – Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH kunjungi korban banjir di Kecamatan Padangsi...




Padang Sidempuan | suaraburuhnasional.com – Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH kunjungi korban banjir di Kecamatan Padangsisimpuan Tenggara tepatnya di Desa Labuhan Rasoki, Rabu (23/9/2020).

Banjir yang menimpa daerah sekitar tersebut diakibatkan intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengguyur Kota Padangsidimpuan pada Selasa (22/9) sore sampai tengah malam yang menyebabkan sungai Labuhan Rasoki meluap.

Air sungaipun keruh dan membesar bercampur batu dan pasir juga membawa potongan kayu dari hulu di bukit Dolok Parlobaan hutan Suaka Margasatwa (SM) Barumun seterusnya merambat ke areal kebun warga. Tepat di belokan sungai dekat jembatan, air menerjang tanggul dan menembus pemukiman warga hingga balairung pasar di samping Pasar Labuhan Rasoki.

Kemudian akibat sedimen yang membuat sungai mendangkal, air dari bawah jembatan meluap ke arah kiri hingga menerjang rumah sekaligus warung milik Ganti Pasaribu. “Air masuk ke warung, dan ketika saya masuk ke dapur sudah setinggi pinggang. Saya lihat dinding belakang sudah jebol,” kata Ganti.

Keesokan harinya, Rabu (23/9/2020), Irsan Efendi Nasution, SH Wali Kota Padangsidimpuan mendatangi rumah warung yang rusak itu sembari menyemangati Ganti Pasaribu sebagai pemiliknya.

Selanjutnya, Wali Kota meninjau areal yang diterjang luapan air. Bekas lintasan air itu lebarnya mencapai 50 meter dari pinggir sungai dan panjang sekira 500 meter. "Saya pastikan tahun depan sedimen sungai ini dibersihkan dan dibangun tanggul berkonstruksi tahu beton,” jelas Wali Kota kepada warga yàng hadir di lokasi.





Kepada Ganti Pasaribu diminta bersabar, karena ini musibah yang sama-sama tidak diinginkan. Kemudian Wali Kota menyerahkan santunan untuk membantu perbaikan dapur yang rusak.

Kepada warga Desa Labuhan Rasoki dan sekitar, diminta untuk sama-sama menjaga ekosistem hutan di hulu sungai. “Jangan tebangi pohonnya. Selain melindungi kita dari bencana, juga masa depan anak cucu kita,” kata Wali Kota.

Warga mengucapkan terimakasih atas tanggap dan pedulinya Wali Kota Irsan Efendi Nasution. “Terimakasih pak, kami senang dipimpin Wali Kota yang peduli pada warganya. Apalagi tahun depan akan dibangun tanggul sungai,” katanya. Ganti berharap normaliasi dan pembangunan tanggul benar-benar memutus derita warga yang selalu diterpa rasa takut akan diterjang banjir. (Mn)

No comments