Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Dinas Ketahanan Pangan Merauke Gelar Perayaan Hari Pangan Sedunia Dengan Tarian Adat Hingga Festival di Bokem

Merauke | suaraburuhnasional.com - Dalam rangka Hari Pangan Sedunia atau World Food Day ke 40, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke meng...




Merauke | suaraburuhnasional.com - Dalam rangka Hari Pangan Sedunia atau World Food Day ke 40, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke menggelar perayaan peringatan tersebut pada hari Kamis, (22/10/2020).

Kegiatan yang bertempat di kampung Bokem ini mengusung tema "Dengan Semangat Hari Pangan Sedunia ke 40 tahun 2020 Kita Tingkatkan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Pemanfaatan pekarangan di masa Pandemi Covid 19." 

Acara tersebut berlangsung meriah dengan sambutan tari-tarian oleh masyarakat adat Wambon. Selain itu digelar juga festival hasil pertanian lokal yang menjual hasil panen masyarakat setempat. 

Sebelumnya telah diselenggarakan serangkaian kegiatan seperti workshop pengolahan hasil pertanian lokal dan Lomba cipta menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) yang berlangsung di kantor Dinas Ketahanan Pangan Merauke.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze menyampaikan bahwa perlunya memanfaatkan pekarangan untuk budidaya pangan lokal sebagai upaya mengembangkan sumber daya alam untuk ketahanan pangan lokal serta dibutuhkan kerjasama pemerintah, BUMD, dan pihak swasta untuk pengembangan pangan dan pemasarannya. 

Agar dapat menyangga ekonomi masyarakat lokal. Lahan tidak lagi di buka terlalu luas namun memperhitungkan daya saing kualitas. Dibutuhkan pula diversifikasi pangan untuk bisa berdaya saing. Selain standar B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) beliau menyarankan agar semua produk pertanian memenuhi standar Halal, agar dapat bersertifikat MUI dan pemasaran produk lebih luas. 

Bupati juga mengapresiasi Asosiasi Petani Asli Papua (APAP) sebagai wadah komunikasi dan berbagi ilmu antar petani asli Papua. Bertepatan juga dengan Hari Santri, Bupati memohon untuk memperhatikan pangan bagi warga dan para santri di pondok-pondok pesantren, di asrama-asrama pelajar, asrama-asrama OAP dan lain-lain, agar pelajar terpenuhi stok pangannya supaya bisa belajar dan berprestasi dengan baik. 







Di akhir sambutan Bupati menghimbau seluruh masyarakat agar selalu menjaga kesehatan di masa Pandemi Covid 19  dengan 3 hal yaitu; meningkatkan iman sebagai penguat dan menjadi antibody utama sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, menjaga imunitas tubuh dengan menjaga kebersihan dan berperilaku hidup sehat serta menjaga ketahanan pangan keluarga. 

Dalam acara ini juga diberikan beberapa bantuan bibit tanaman oleh Dinas Tanaman Pangan, bibit unggas oleh Dinas Peternakan dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh Dinas Perikanan kepada Nelayan Lokal. Serta pembagian hadiah pemenang lomba cipta menu berbahan dasar sagu oleh Dinas Ketahanan Pangan. (Nasrun Labata/Khairina Soegono/Hidayat Baadilla)





No comments