Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kader Partai NasDem Gencar Beli Beras Untuk Dipasarkan di Luar Merauke

Merauke | suaraburuhnasional.com - Pengusaha asal Kuprik, H. Baharuddin Syam yang sering membeli beras petani mengatakan, salah satu kendala...




Merauke | suaraburuhnasional.com - Pengusaha asal Kuprik, H. Baharuddin Syam yang sering membeli beras petani mengatakan, salah satu kendala dalam ekpsor beras petani Merauke ke luar daerah yaitu soal mutu dan kualitas beras. 

Hal ini menurutnya karena keterbatasan alat penggiling gabah yang terkenal praktis yakni Rice Milling Unit (RMU). Lebih banyak masih menggunakan penggilingan konvensional. 
Sehingga dirinya berharap kepada pihak-pihak terkait dari Pemerintah maupun BUMD agar dapat mengusahakan alat penggilingan yang modern tersebut agar dapat menghasilkan beras premium.

"Beras premium ini sebenarnya di pasaran terbuka, hanya saja kualitasnya kita naikan dengan cara memperbanyak RMU sehingga bisa menghasilkan beras berkualitas premium. Kalau kita masih menggunakan gilingan konvensional sulit untuk kita bersaing dengan mutu beras dari Jawa dan Makassar," jelas pengusaha yang sering dikenal Haji Bahar tersebut.

Katanya lanjut, yang namanya gabah semuanya sama saja hanya saja perbedaannya terletak pada perlakuannya. Kalau menggunakan gilingan modern maka tingkat kepatahan gabah akan rendah. "Saya sebelumnya sudah mengirim 75 ton dan dalam jangka 10 hari langsung habis sehingga ada permintaan kedua kita kirim lagi 50 ton ke Timika. Jadi pemasarannya sangat terbuka yang penting mutu dan kualitas beras kita perlu ditingkatkan," katanya.






Meskipun pembelian beras petani tersebut merupakan bagian dari perintah Partai NasDem, namun Haji Bahar yang juga sebagai kader partai NasDem ini merasa bertanggung jawab membeli beras petani dan memasarkan di luar daerah dengan uang pribadinya sebagai bentuk kepedulian terhadap petani Merauke.

Dirinya juga berharap kepada Pemerintah, Bulog dan swasta agar saling berkolaborasi mencari pasaran diluar selain menyiapkan alat penggilingan yang modern sehingga kualitas beras Merauke dapat terjamin kualitasnya dan bisa dipasarkan diluar daerah. (Nasrun Labata/Hidayat Baadilla)

No comments