Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

KPU Medan Umumkan Jumlah Pemilih

Medan | suaraburuhnasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Medan untuk pilkada Dese...




Medan | suaraburuhnasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Medan untuk pilkada Desember mendatang. Total jumlah pemilih yang diharapkan menggunakan hak pilihnya adalah sebanyak 1.601.001 orang. 

Pengumuman disampaikan oleh jajaran pimpinan KPU berdasarkan rapat pleno hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil perbaikan, Kamis (15/10) malam. Rapat berlangsung dari pagi hingga malam. 

Komisioner KPU Medan Bidang Data, Nana Minarti, menuturkan, jumlah DPT final sebanyak 1,6 juta itu ditetapkan berdasarkan jumlah DPS di 21 kecamatan se Kota Medan dengan total 4.303 TPS. Detail terhadap sebaran pemilih berdasarkan jenis kelamin yakni, laki-laki sebanyak 781.953 pemilih dan perempuan sebanyak 819.048 pemilih. “Dalam DPT yang ditetapkan ini termasuk pemilih pemula yang hingga Desember 2020 genap usianya menginjak 17 tahun,” katanya saat dijumpai wartawan, Jumat (16/10/2020).

Nana turut menyarankan kepada masyarakat agar memberi informasi kepada KPU bila ditemukan daftar pemilih di lapangan yang kurang selaras dengan hasil rekap DPT. “Misalnya saja ke depan ada pemilih yang sudah terdaftar meninggal dunia, maka silakan disampaikan ke KPU, sehingga pada saat pembagian formulir pemberitahuan tidak akan disalurkan,” katanya. 

Sedangkan bagi pemilih yang seharusnya memenuhi syarat namun tidak terdaftar dalam DPT, seperti penduduk yang baru pindah, pensiunan TNI/Polri, dan lain-lain, maka masyarakat tetap dapat menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP elektronik pada hari pencoblosan di TPS terdekat dengan alamat yang ada di KTP elektroniknya. (Rio)

No comments