Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Tokoh Sentral Papua Selatan, Jhon Gluba Gebze Hadiri Pelantikan Ikatan Keluarga Buton Merauke

Merauke | suaraburuhnasional.com - Tokoh sentral Papua Selatan dan lebih familiar di Merauke, Drs. Jhon Gluba Gebze (JGG) turut menghadiri u...




Merauke | suaraburuhnasional.com - Tokoh sentral Papua Selatan dan lebih familiar di Merauke, Drs. Jhon Gluba Gebze (JGG) turut menghadiri undangan pelantikan Ikatan Keluarga Besar Buton Kabupaten Merauke, Minggu (26/10/2020).

Kegiatan pelantikan yang dilaksanakan di jalan Kelapa Lima ini juga ikut serta dihadiri oleh Ruslan Ramli selaku Pj. Sekretaris Daerah mewakili Bupati Merauke yang sedang berhalangan hadir.

Jhon Gluba Gebze yang juga tokoh sekaligus sesepuh suku asli Merauke yaitu Marind ini dalam sambutannya dalam kegiatan tersebut menyampaikan rasa kagumnya kepada masyarakat Buton yang ada di Kabupaten Merauke.

Kata JGG, suku yang pertama kali datang di Merauke yaitu masyarakat Buton yang mendiami beberapa tempat diantaranya di Okaba. Dirinya menceritakan ada seorang Buton yang tinggal disana dan memilki tempat ibadah Islam yaitu mushola namun tidak pernah diusik oleh masyarakat Marind ketika beribadah. 

Hal ini menurutnya bukti bahwa betapa tulus dan ikhlasnya masyarakat Marind menerima perbedaan sekaligus memberikan kehidupan yang aman dan damai bagi siapa saja yang mendiami Kabupaten Merauke. Dirinya menegaskan bahwa wujud nyata dari semboyan Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda namun tetap satu itu dapat ditemukan dengan mudah di Kabupaten Merauke.

Mantan Bupati Merauke 2 periode ini juga menceritakan beberapa tokoh masyarakat Buton yang juga memiliki andil dalam merawat kaka kandungnya dan sudah dianggap keluarga sendiri. Hal ini menjadikan ikatan emosional antara dirinya dan masyarakat Buton di Merauke tetap terjaga hingga hari ini.





Kata dia, jika ingin belajar menghargai masyarakat Marind dengan tetap menghormati kerarifan lokal dan hak kesulungannya maka belajarnya dari suku Buton karena para pendahulu Buton datang ke Merauke tetap menghargai dan menjunjung tinggi pepatah kuno, "Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung".

JGG juga berharap kepada masyarakat Buton agar tetap menjaga hal itu yang telah dirintis oleh para pendahulunya dan juga dirinya berharap agar para pengurus yang baru dilantik agar dapat amanah dan berkontribusi untuk tanah Animha Merauke.

"Saya mau katakan bahwa orang Buton itu luar biasa", kata Jhon Gluba Gebze disambut tepuk tangan tamu undangan dan masyarakat Buton. Akhirnya kegiatan tersebut berjalan lancar dan ditutup dengan tarian adat masyarakat Buton yang disaksikan seluruh hadirin yang hadir pada kegiatan tersebut. (Nasrun Labata/Hidayat Baadilla)

No comments