Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

UU Cipta Kerja : Mahasiswa Demo Menolak, Buruh Tempuh Dialog

Medan | suaraburuhnasional.com - Jajaran Pimpinan Serikat Buruh Sumatera Utara menghadiri undangan Pemerintah Provinsi Sumut di rumah dinas ...




Medan | suaraburuhnasional.com - Jajaran Pimpinan Serikat Buruh Sumatera Utara menghadiri undangan Pemerintah Provinsi Sumut di rumah dinas Gubernur Edy Rahmayadi, Senin (12/10/2020) di Jalan Jenderal Sudirman, Medan. Kedatangan mereka disambut baik oleh Gubernur Edy dan pertemuan itu secara khusus menjadikan ruang dialog antara buruh dan pemerintah daerah sebagai perpanjang tanganan pemerintah pusat. 

Seperti yang diduga beberapa pihak sebelumnya, bahwa aksi murni dari kelompok buruh disinyalir selalu terhambat lantaran banyaknya mahasiswa yang lebih dulu memadati lapak aksi di depan Kantor DPRD Sumut di Jalan Imam Bonjol Medan. Bahkan, demonstrasi yang dilakukan mahasiswa berlangsung ricuh pada Kamis lalu. 

Buruh tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berdialog dengan yang berwenang, lantas pertemuannya di pendopo kantor dinas gubernur itu berlangsung secara dua arah. 

Gubernur Edy mengatakan, perlunya dibentuk Kelompok Kerja UU Cipta Kerja. Keberadaan draf lengkap UU Cipta Kerja, kata dia, belum dapat diakses publik lantaran pengerjaannya masih diperbaiki dewan di parlemen Senayan terkait urusan tata ketik dan redaksional. 

Jika draf sudah didapat, maka pembahasan secara menyeluruh akan diungkap bersama-sama dengan teliti oleh beberapa pihak. Pihak-pihak yang dimaksud antara lain adalah akademisi, pakar hukum, serikat buruh, dan Forkopimda Sumut. Pembahasan mereka nantinya dapat memberi andil dalam pembentukan aturan turunan UU Cipta Kerja, seperti Peraturan Pemerintah yang akan dibuat pemerintah pusat mendatang. 

Kesepakatan pun terjadi antara Pimpinan Serikat Buruh dan Pemerintah Provinsi untuk membentuk Kelompok Kerja membahas dan mengkaji UU Cipta Kerja tersebut sebelum akhirnya menyurati presiden. Namun, semua pihak diharapkan bersabar. “Saat ini belum ada bahannya (draf UU). Apa pun yang kita persoalkan kalau sumbernya belum ada, datanya belum ada, percuma saja,” kata Gubernur Edy Rahmayadi. 

Hadir dalam pertemuan itu antara lain, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajecksah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Pangdam I/BB Mayjend TNI Irwansyah, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmadsyah Sibarani, dan beberapa pejabat lainnya termasuk Kadis Ketenagakerjaan Sumut Harianto Butarbutar. (Rio) 

No comments