Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

1.074 Keping KIA Diserahkan Pada Rakornis TP PKK Kabupaten Asahan

Asahan | suaraburuhnasional.com - Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak...




Asahan | suaraburuhnasional.com - Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan menyerahkan 1.074 keping KIA pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakornis) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK), Kamis (19/10/2020), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan.

Pada kegiatan Rakornis TP. PKK Kabupaten Asahan tampak hadir Pelaksana Harian (PLH) Bupati Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si, OPD Kabupaten Asahan, Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan dan Anggota, Ketua TP. PKK Kecamatan dan Anggota.

Saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Asahan Drs. Supriyanto, M.Pd mengatakan bahwa Kartu Identitas Anak adalah upaya Pemerintah untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. 

"Kartu Identitas Anak diperuntukan bagi anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan," ungkap Drs. Supriyanto,M.Pd.

Dalam hal ini Drs. Supriyanto, M.Pd juga mengatakan bahwa tujuan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) disebutkan dalam Pasal 2 Permendagri 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak yaitu bahwa Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. Manfaat KIA diantaranya adalah untuk memenuhi hak anak, untuk persyaratan mendaftar sekolah, untuk bukti diri anak sebagai data identitas ketika membuka tabungan atau menabung di bank, juga berlaku untuk proses mendaftar BPJS dan lainnya.

Pemerintah berkewajiban untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara, bahwa pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.

Penyerahan 1.074 keping KIA dikegiatan Rakornis TP. PKK Kabupaten Asahan diserahkan langsung oleh Plh. Bupati Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si. Adapun KIA diserahkan yakni; 231 keping Kecamatan Air Batu, 229 keping Kecamatan Sei-Kepayang, 116 keping Kecamatan Kota Kisaran Barat, 126 keping Kecamatan Aek Kiasan, 131 keping Kecamatan Tinggi Raja, 28 keping Kecamatan Teluk Dalam, 91 keping Kecamatan Buntu Pane, 37 keping Kecamatan Sei-Dadap, 65 keping Air Joman," papar Drs. Supriyanto, M.Pd.

Mengakhiri penyampaianya Drs. Supriyanto M.Pd menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan dari Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan juga ikut mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020. (Indra Sibarani)

No comments